Berdasarkan hasil uji swab, empat orang warga Kota Jambi, Provinsi Jambi, terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona (COVID-19).

“Dengan bertambahnya empat orang terkonfirmasi positif COVID-19, saat ini ada enam warga Kota Jambi terkonfirmasi positif COVID-19,” kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Selasa.

Selain itu di Kabupaten Merangin juga terdapat satu orang warga yang terkonfirmasi positif berdasarkan hasil uji swab sehingga total penambahan orang terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Jambi ada lima orang.

Dengan penambahan lima orang terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Jambi, saat ini total pasien positif COVID-19 di Provinsi Jambi menjadi 12 orang dimana sebelumnya terdapat satu orang pasien positif COVID-19 di provinsi Jambi yang diberi nama pasien 01 telah sembuh.

Dijelaskan Syarif Fasha, empat orang warga Kota Jambi yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut merupakan orang yang mengikuti tabligh akbar di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, dan pernah melakukan kontak dengan warga yang mengikuti tabligh akbar tersebut.

Dari empat warga yang positif COVID-19 tersebut, tiga orang di antaranya adalah wanita, dengan inisial TY berusia 55 tahun, MY berusia 21 tahun dan MH berusia 54 tahun. Sementara satu orang warga lainnya yakni seorang laki-laki dengan inisial MH berusia 65 tahun dan merupakan cluster Gowa. Atau orang yang pernah mengikuti tabligh akbar di Provinsi Sulawesi Selatan. Keempat warga Kota Jambi tersebut merupakan warga Kecamatan Pall Merah, Kota Jambi.

Syarif Fasha menghimbau masyarakat Kota Jambi yang pernah melakukan perjalanan ke Provinsi Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan tabligh akbar untuk dapat melapor ke pemerintah melalui lurah, camat atau fasilitas Kesehatan terdekat untuk melakukan pemeriksaan.

“Berdasarkan tracking kontak yang kita lakukan sudah di rapid tes, namun tidak menutup kemungkinan ada warga yang terlewatkan, harapannya segera melapor. Jika malu di datangi petugas, silahkan datangi fasilitas Kesehatan terdekat, identitas anda kami rahasia-kan,” kata Syarif Fasha menjelaskan.

Selain itu, dengan bertambahnya warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu, Fasha kembali menekankan agar masyarakat dapat mematuhi instruksi yang telah di keluarkan pemerintah sebagai upaya percepatan pencegahan penyebaran COVID-19.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020