Operasional produksi dan pengolahan kelapa sawit di Provinsi Jambi sejauh ini tidak banyak terpengaruh , bergerak normal dan  stabil kendati adanya pemberlakuan phsycal distancing terkait COVID-19.

"Industri sawit dan pergerakan harga tidak banyak terpengaruh dengan COVID-19, sejauh ini beluma ada laporan perusahaan dan kelompok yang terganggu produksinya. Secara umum perdagangan dan transaksi saat ini masih lancar," kata Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Cabang Jambi, Tidar Bagaskara dalam diskusi virtual dengan stakeholder kelapa sawit di Jambi, Senin.

Menurut dia, dalam proses jaga jarak dalam panen menurut dia tidak ada masalah karena para petugas panen kelapa sawit tidak bergerombol, artinya secara sosial distancing masuk kategori. Pembatasan jarak masih terakomodir proses panen.

Kemungkinan peningkatan sosialisasi phsycal distancing di perusahaan pengolahan yang perlu diingatkan terus kepada pekerja, namun itu semua sudah dilakukan sejak jauh hari terkait imbauan 'phsycal distancing' itu.

Ia menjelaskan, dari sisi produksi di kebun, pabrik hingga pendistribusian melalui akses angkutan pelabuhan tidak ada kendala.

"Aktivitas pemasokan CPO ke tangki timbun di Pelabuhan Talang Duku di Muarojambi tak ada hambatan, semuanya lancar seperti biasanya," kata Tidar.

Selain itu pihaknya juga belum menerima adanya laporan kebun, perusahaan dan pabrik kelapa sawit yang menyampaikan kendala terkait dengan pandemi COVID-19. Apalagi sampai penutupan PKS atau pabrik, menrut Tidar masih jauh dan sejauh ini sektor itu masih dalam kondisi normal.

Terkait turun naik harga TBS di lapnangan itu relatif dan merupakan dinamika selama ini terus bergulir menyesuaikan pasokan dan permintaan.

"Harga TBS saat ini  masih di kisaran Rp1.400 hingga Rp1.600-an. Itu masih dalam kondisi pada petani kita masih baik untuk usaha sawit," katanya.

Bahkan bila dibandingkan dengan tahun 2019 lalu, khususnya pada Bulan Agustus 2019, menurut Tidar Bagaskara untuk tahun 2020 ini akan jauh lebih baik.

"Saya kira bila dibandingkan dengan tahun 2019 lalu itu jauh lebih berat kondisinya untuk industri sawit, sedangkan untuk 2020 ini untuk sawit kemungkinan lebih baik," katanya.

Meski demikian, ia mengakui dengan pandemi saat ini ada peningkatan di biaya sosial, namun hal itu sudah harus dipersiapkan oleh perusahaan.

"Pergerakan harga biasanya dari suplay dan demand saja, namun demikian pada 2020 ini kami pantau terus agar pada puncak permintaan tidak terlalu melimpah sehinga tidak ada penurunan harga yang signifikan. Tapi secara umum sektor sawit masih sehat," katanya.

Sementara itu PR Dapertement Hear PT Astra Agro Lestari Tbk Topan Mahdi menyebutkan sektor sawit masih optimistis. Protokol ketat di kebun maupun di pabrik industri sawit masih berjalan normal,

"Bila itu ada perlambatan dan harga turun naik memang iya, tapi suplay deman bersatu. Kalaupun terkoreksi tak akan seburuk 2019," kata Topan.





 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020