Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) gerai kopi liberica di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Provinis Jambi  terus berjuang mempertahankan usaha mereka di tengah pandemi COVID-19 yang menggerus jumlah pengunjungnya.

“Pasca pandemi COVID-19 terjadi, gerai UMKM kopi liberica Mekar Jaya yang kita kelola tutup, untuk saat ini penghasilan kita didapat dari hasil perkebunan kopi dan pinang,” kata pengelola UMKM gerai kopi liberica Mekar Jaya (Meja) Harihadi di Tanjung Jabung Barat, Rabu.

Pasca wabah COVID-19 merebak pengunjung gerai kopi yang biasanya mencapai 30 sampai 40 orang, kini hanya ada dua sampai lima orang. Begitu pula dengan produksi kopi liberica, dalam satu bulan pelaku UMKM mampu menggiling 30 sampai 40 kilogram biji kopi untuk di seduh di gerai kopi liberica Meja.

Menurunnya pendapatan yang cukup signifikan membuat pengelola UMKM memutuskan untuk menutup sementara gerai kopi, dan merumahkan sejumlah karyawan untuk meminimalisir pengeluaran. Sejak dirumahkan karyawan dan pengelola UMKM mengandalkan hasil perkebunan untuk pendapatan sehari-hari.

Dijelaskan Harihadi sebagian karyawan gerai kopi sudah memilik pekerjaan tetap sebagai karyawan di suatu perusahaan dan pada malam hari bekerja di gerai kopi, dan sebagian lagi bekerja di kebun milik orang tua.

Sementara itu, Harihadi sendiri mengandalkan hasil perkebunan kopi dan pinang miliknya selama pandemi COVDI-19 ini. Meski saat ini harga jual kopi dan pinang turun namun masih cukup untuk memenuhi kebutuhan.

“Saat ini untuk kopi liberica, satu kilo biji kopi dihargai pengepul Rp26 ribu per kilogram, sementara pinang per kilogram-nya dihargai Rp8.000,” kata Harihadi.

Kondisi tersebut tidak hanya di alami oleh UMKM gerai kopi liberica Meja, namun kondisi tersebut turut di rasakan oleh seluruh UMKM gerai kopi didaerah itu.

“Di Tanjabbar ini ada sekitar 10 UMKM yang bergerak di bidang kopi liberica, dan kondisi serupa terjadi pada pelaku-pelaku UMKM tersebut,” kata Harihadi.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020