Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Provinsi Jambi menggelar aksi peduli sosial terhadap rumah sakit rujukan COVID-19 maupun kepada korban dampak COVID-19 di Jambi dengan memberikan bantuan berupa ikan segar dan makanan yang berdasar bahan pangan dari ikan untuk rumah sakit dan warga terdampak  COVID-19 di Jambi.

"Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo minta kepada seluruh pegawai KKP di seluruh Indonesia agar menumbuhkan jiwa solidaritas di tengah masyarakat dalam kondisi pandemik seperti saat ini dengan menggelar peduli sosial dan salah satunya BKIPM Jambi melaksanakan pembangian ikan segera kepada tenaga medis RS rujukan COVID-19 di Jambi," kata Humas BKIPM Jambi, Sukarni melalui keterangan resminya yang diterima, Senin.

Selain itu juga mengajak masyarakat agar rajin mengonsumsi ikan untuk kecukupan asupan protein sekaligu supaya menangkal virus COVID-19.

Selaras dengan amanat bapak menteri, maka BKIPM Jambi 2020 melaksanakan program berbagi ikan sehat  dan bermutu untuk melawan corona kepada masyarakat Kota Jambi, RSUD Raden Mattaher dan RSUD Abdul Manaf di Kota Jambi.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi oleh Kepala BKIPM Jambi, Ade Samsudin, kepada Gubernur Jambi H Fachrori Umar dan selanjutnya gubernur menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan dari RSUD Raden Mattaher dan empat orang perwakilan masyarakat.

Bantuan seluruhnya yang diserahkan langsung kepada masyarakat terdiri dari 1.500 paket, masing-masing paket terdiri dari dua kg ikan lele, satu kaleng sarden 425 gram dan satu kantong kerupuk ikan 200 gram dimana rinciannya untuk  150 Kg ikan patin ke RSUD Raden Mattaher dan 150 Kg ikan patin ke RSUD Abdul Manaf.

Dalam penyerahan secara simbolisini, hadir Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, perwakilan staff anggota DPD Provinsi Jambi dan lima perwakilan penerima paket.

Program bantuan ikan sehat dan bermutu dilaksanakan oleh 47 UPT BKIPM seluruh Indonesia. Di Jambi, melalui program ini sedikitnya membantu mengatasi masalah pemasaran di tingkat produsen atau kelompok petani ikan sebanyak 3.000 kg ikan lele dan 300 kg ikan patin.

Kelompok pengolah dan pemasaran hasil perikanan sebanyak 300 kg kerupuk ikan, dan pedagang sebanyak 1.500 kaleng ikan sarden. Kemudian paket bantuan ini diserahkan kepada pihak atau masyarakat khususnya yang terkena dampak pandemik COVID-19 di Kota Jambi. Semoga program ini bermanfaat dan wabah segera berlalu serta kehidupan kembali normal seperti semula, kata Sukarni.





 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020