Pemerintah Kota Jambi menyiapkan 30 ribu paket sembako untuk jejaring pengaman sosial (JPS) tahap ke tiga.

“Setiap tahap penyaluran JPS jumlahnya meningkat, tahap ke tiga ini kita siapkan 30 ribu paket bahan pokok,” kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Selasa.

Meningkatnya jumlah penerima JPS tersebut karena semakin banyak warga yang perekonomiannya terdampak oleh wabah COVID-19.

Dijelaskan Fasha, hingga saat ini semakin banyak instruksi dan pengetatan-pengetatan aktivitas masyarakat. Sehingga jumlah warga yang perekonomian-nya ter-dampak karena pengetatan dan instruksi untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 tersebut juga meningkat.

Pada tahap pertama Kota Jambi telah menyalurkan paket sembako JPS sebanyak 15 ribu paket dan tahap kedua sebanyak 25 ribu paket bahan pokok. Penyaluran JPS tersebut dilakukan serentak di seluruh kelurahan di daerah itu.

Fasha mengingatkan agar masyarakat mematuhi instruksi pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, khususnya di Kota Jambi. Mengingat warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Jambi terus bertambah.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas COVID-19 Kota Jambi, per tanggal 11 Mei 2020 sudah ada 15 orang warga Kota Jambi yang terkonfirmasi Positif COVID-19. Sementara se-Provinsi Jambi sudah ada 65 orang yang terkonfirmasi positif.

Jika masyarakat masih tidak peduli dan acuh terhadap instruksi pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 tersebut, bukan tidak mungkin jumlah pasien yang terkonfirmasi akan terus bertambah.

Selain itu, Fasha turut menghimbau masyarakat yang perekonomian-nya ter-dampak COVID-19 dan belum mendapatkan bantuan JPS untuk segera melapor ke kelurahan. Dengan syarat membawa kartu tanda penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

“Yang belum dapat bantuan silahkan melapor ke lurah, setelah itu datanya akan diverifikasi terlebih dahulu,” kata Syarif Fasha.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020