Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi berkomitmen menyiapkan kebutuhan uang tunai (outflow) pada periode Ramadhan/Idulfitri tahun 2020. Persediaan uang rupiah yang disiapkan berjumlah Rp3,3 triliun. 

"Jumlah ini mencukupi untuk memenuhi kebutuhan uang masyarakat selama periode Ramadhan dan Idul fitri termasuk untuk memenuhi kebutuhan stimulus pemerintah kepada masyarakat di Provinsi Jambi selama periode penanganan dampak pandemi COVID-19," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Bayu Martanto, Jumat.

Pengeluaran uang Rupiah (penarikan uang rupiah oleh perbankan) di Provinsi Jambi sampai dengan tanggal 13 Mei 2020 mencapai Rp816,56 miliar. 

Sedangkan dalam upaya mencegah perluasan penyebaran COVID-19, BI kata Bayu senantiasa mengimbau masyarakat untuk menggunakan transaksi pembayaran secara nontunai melalui digital banking, uang elektronik dan QR Code Pembayaran dengan standar QRIS (QR Code Indonesian Standard).

Berbeda dari tahun sebelumnya, memerhatikan aspek kemanusiaan dan kesehatan masyarakat dalam memitigasi penyebaran COVID-19, layanan penukaran uang kepada masyarakat yang biasanya disediakan melalui layanan mobil kas keliling Bank Indonesia di beberapa lokasi umum, maka pada tahun ini hanya disediakan melalui loket di bank. 

"Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi telah berkoordinasi dan meminta perbankan, agar dalam memberikan layanan dimaksud menegakkan protokol pencegahan COVID-19 secara ketat sebagaimana yang telah ditetapkan Pemerintah. Protokol dimaksud antara lain penggunaan masker, pemindaian suhu tubuh dan penerapan physical distancing," kata Bayu.

Sementara penukaran uang untuk masyarakat dilayani oleh 35 kantor bank umum di Kota Jambi hingga 20 Mei 2020. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi juga memberikan layanan penukaran uang pecahan kecil melalui kas titipan di dua lokasi, yaitu PT BNI Kantor Cabang Muaro Bungo, Kabupaten Bungo dan PT BNI Kantor Cabang Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat.***


 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020