Pemerintah Kota Jambi mendapatkan bantuan reagen yang bisa digunakan untuk 10 ribu kali pemeriksaan untuk mendeteksi infeksi virus corona penyebab COVID-19.

"Bantuan reagen dari Singapura ini bisa dilakukan untuk 10 ribu kali tes PCR atau uji swab, sehingga kabupaten dan kota di Provinsi Jambi bisa mengirimkan sampel dan melakukan tes PCR di Kota Jambi,” kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Selasa.

Selain mendapat bantuan reagen, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Jambi juga mendapat bantuan perangkat pemeriksaan laboratorium.

Pemerintah Kota Jambi berencana menyediakan fasilitas pemeriksaan COVID-19 mandiri dengan menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jambi, Pemerintah Provinsi Jambi, Universitas Jambi, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan.

"Jika tidak ada kesepakatan maka Kota Jambi akan melakukan secara mandiri, dengan adanya bantuan dari Temasek Foundation Singapura ini kita sudah bisa melakukan tes PCR secara mandiri," kata Syarif.

Selain mendapat bantuan reagen dan alat periksa, Pemerintah Kota Jambi menerima bantuan 2.000 liter konsentrat penyanitasi tangan yang bisa digunakan untuk membuat 200 ribu liter penyanitasi tangan.

"Untuk handsanitizer ini akan kita berikan kepada masyarakat sebelum hari raya Idul Fitri," kata Syarif.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020