Pemerintah Kota Jambi melakukan serah terima bantuan reagent atau pereaksi kimia untuk melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada tim tes PCR Jambi agar dapat melakukan tes PCR kepada pasien COVID-19 di daerah itu secara mandiri.

“Pemerintah Kota Jambi telah menerima bantuan reagent untuk tes PCR dari Temasek Foundation Singapura, dan pada Kamis (21/5) sore ini langsung diserah terimakan kepada tim yang diterima oleh Universitas Jambi,” kata Wakil Wali Kota Jambi Maulana di Jambi, Kamis.

Bantuan reagent tersebut langsung dilakukan serah terima karena reagent tersebut harus berada di suhu ruangan di bawah 7 derajat celcius. Sehingga bantuan reagent yang baru tiba di Kota Jambi langsung diserahkan kepada Universitas Jambi (Unja) agar bisa disimpan di laboratorium Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unja. Dimana tes PCR yang akan dilaksanakan yakni di laboratorium FKIK Unja tersebut.

Bantuan reagent tersebut diterima Pemerintah Kota Jambi dari Temasek Foundation Singapura untuk 10 ribu kali tes PCR atau uji swab terhadap pasien COVID-19.

“Bantuan untuk tidak hanya untuk tes PCR pasien COVID-19 di Kota Jambi, namun untuk tes PCR pasien COVID-19 se-Provinsi Jambi,” kata Maulana.

Jika Pemerintah Provinsi Jambi bisa melakukan tes PCR secara mandiri, maka akan banyak menghemat waktu dan biaya. Serta dapat dengan segera melakukan tindakan terhadap pasien COVID-19.

Dijelaskan Maulana, dengan tes PCR secara mandiri, hasil tes PCR yang bisanya baru bisa diterima selama satu minggu bisa diketahui selama satu hari. Sehingga Tindakan yang harus dilakukan terhadap pasien yang terkonfirmasi positif atau negatif COVID-19 dapat segera dilakukan.  

“Tes PCR secara mandiri di Provinsi Jambi ini berkolaborasi dengan sejumlah instansi, diantaranya Pemkot Jambi, Pemprov Jambi, IDI Jambi, Unja dan BPOM Jambi,” kata Maulana.

Sementara itu, Rektor Unja Prof Sutrisno mengatakan dengan adanya bantuan reagent tersebut dalam waktu dekat tes PCR dapat dilaksanakan di Jambi.

“Saat ini tim masih melengkapi peralatan pendukung untuk pelaksanaan tes PCR tersebut, hanya melengkapi peralatan pendukung, untuk alat dan bahan mayor sudah ada hanya peralatan minor yang akan segera dilengkapi,” kata Prof Sutrisno.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020