Pelaku usaha penyedia hewan qurban di Kota Jambi membatasi stok di kandang penggemukannya mengantisipasi penurunan permintaan dampak COVID-19.

“Bla ditanya bagaimana penjualan hewan qurban tahun ini, jawabannya penuh keraguan, kami membatasi stok untuk mengantisipasi dampak COVID-19,” kata seorang pelaku usaha penyedia hewan qurban Indra Suardi di Kota Jambi, Kamis.

Ia mengatakan  dua bulan menjelang hari raya idul adha biasanya ia melakukan penyetokan  hewan qurban di penangkaran hingga mencapai 150 ekor sapi, dan 100 ekor  kambing. Namun saat ini satu bulan setengah menjelang hari raya qurban, stok sapi di penangkarannya hanya ada 53 ekor sapi.

Begitu pula dengan tingkat pemesanan hewan qurban, biasanya setelah hari raya Idul Fitri pemesanan terhadap hewan qurban sudah banyak yang masuk. Namun saat ini pemesanan hewan qurban masih sedikit.

 

“Dalam kondisi seperti saat ini biasanya sudah ada 60 ekor lebih pemesanan hewan qurban, saat ini baru ada 30 ekor pemesanan,” kata Indra Suardi yang berusaha di bawah bendera CV. Surya Ariza Permata yang khusus untuk penyediaan hewan kurban itu.

Sedikitnya tingkat pemesanan hewan qurban tersebut menurut Suardi di sebabkan oleh pembatasan sosial karena pandemi COVID-19 saat ini. Karena informasi yang disampaikan pengurus pemotongan hewan qurban kepada masyarakat terbatas.

Ia mencontohkan, biasanya panitia memanfaatkan momen sholat tarawih di masjid untuk mengumumkan pelaksanaan penyembelihan hewan qurban. Namun pada tahun ini penyelenggaraan sholat tarawih berjamaah di sejumlah masjid ditiadakan.

“Begitu pula dengan kegiatan yasinan di rumah-rumah warga, bisanya momen itu dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi terkait qurban ini, sekarang masih belum boleh di laksanakan untuk menghindari penularan virus itu,” kata Indra Suardi.

Sementara itu, terkait dengan harga jual hewan qurban tidak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Kisaran harga hewan qurban di daerah itu diantaranya Rp15 juta hingga Rp65 juta. Tergantung dengan besar kecilnya hewan qurban .

Meski dipenuhi dengan keraguan, Indra menargetkan penjualan hewan qurban tahun ini bisa mencapai 60 persen dibandingkan jumlah penjualan tahun sebelumnya.

“Tahun lalu sapi terjual 260 ekor, tahun ini targetnya dapat terjual 160 ekor, begitu pula dengan kambing tahun lalu terjual 225 ekor, tahun ini targetnya dapat terjual 100 ekor,” kata Indra Suardi menambahkan.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020