Museum dapat dijadikan tempat untuk mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan COVID-19 yang mana museum merupakan jendela budaya dan gudang ilmu.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Museum Siginjei Provinsi Jambi Nulaini di Jambi, Selasa.

Ia berharap museum yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi Kota Jambi tersebut bisa segera mendapat restu dari Pemprov Jambi dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di daerah itu untuk buka kembali.

“Harapannya bisa cepat di buka untuk masyarakat umum, seperti salah satu museum di Yogyakarta yang sudah bisa di buka untuk umum,” kata Nurlaini.

Nurlaini menyebutkan, Museum Siginjei Jambi menunggu teknis kesehatan protokol kesehatan di masa tatanan normal baru pandemi COVID-19.

“Kita telah mengajukan surat ke Pemerintah Provinsi terkait teknis protokol kesehatan COVID-19, selain itu kita juga tengah menunggu teknis dari himpunan museum Indonesia, khususnya dari kementerian terkait,” katanya.

Sudah memasuki bulan ke tiga Museum Siginjei Jambi tidak dibuka untuk masyarakat umum. Sejak pandemi COVID-19 mewabah, kunjungan ke Museum Siginjei ditutup untuk umum.

Tidak hanya ditutup umum, kegiatan yang sifatnya memberikan edukasi kepada masyarakat terkait kearifan lokal dan budaya di daerah itu juga terpaksa ditunda. Namun sejumlah kegiatan yang dapat dilaksanakan secara dalam jaringan (daring), tetap dilaksanakan secara daring.

Akan tetapi tidak semua kegiatan dapat dilaksanakan secara daring, salah satunya lomba permainan anak tradisional.

Namun dalam sepekan terakhir aktifitas karyawan di museum tersebut sudah dilaksanakan seperti biasa, dan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

“Karyawan saat ini sudah pada masuk, sesuai dengan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak,” kata Nurlaini.

Dijelaskan Nurlaini Museum Siginjei kapan saja siap di buka untuk masyarakat umum, meski dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.  

Nurlaini berharap petunjuk teknis protokol kesehatan, khususnya di museum dapat segera di keluarkan. Mengingat saat ini telah memasuki musim liburan sekolah.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020