Pemerintah Kota Jambi melakukan kegiatan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dengan menjamin proses pendidikan berjalan dengan baik, secara dalam jaringan (daring) atau tatap muka, Kamis.

Pemerintah kota Jambi pada tahun ajaran baru telah memberikan relaksasi pendidikan dengan mengizinkan sekolah tingkat SD dan SMP di daerah itu di buka kembali. Proses belajar mengajar dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

“Kita menjamin proses pendidikan tetap berjalan dengan baik, secara daring dan tatap muka, mari kita sama-sama mengawasi agar kesejahteraan anak-anak terjaga,” kata Wakil Wali Kota Jambi Maulana di Jambi.

Menurut Maulana, masa pandemi COVID-19 saat ini dapat membawa konsekuensi jangka panjang terhadap keselamatan, kesejahteraan dan masa depan anak-anak. Jika tidak dilakukan sejak dini untuk menanggulangi dampak sosial dan ekonomi yang di timbulkan oleh pandemi maka krisis kesehatan dapat menjadi krisis yang lebih luas yang dapat menghambat dan menimbulkan kemunduran dari kondisi anak.

Maulana memaknai peringatan HAN tahun 2020 ini sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak. Tujuannya agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dengan mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak.

“Upaya tersebut diharapkan dapat menghasilkan generasi bangsa yang sehat, cerdas, ceria berakhlak mulia dan cinta tanah air meski berada di masa pandemi COVID-19,” kata Maulana.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Jambi Irawati Sukandar mengatakan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2020 dilaksanakan dengan sederhana. Tujuannya untuk memberikan perhatian dan semangat kepada anak-anak, khususnya di Kota Jambi.

“Kita cukup prihatin dengan kondisi saat ini, peringatan HAN ini menjadi momentum untuk memotivasi anak-anak, selama ini anak-anak tidak dapat bermain secara bebas di luar sehingga di butuhkan kreatifitas orang tua untuk mengisi dengan kegiatan positif dan memotivasi anak-anaknya,” kata Irawati Sukandar.

Peringatan HAN tingkat Kota Jambi tersebut di laksanakan di kantor DPMPPA Kota Jambi. Dengan melibatkan Forum Anak Daerah Bumi Angso Duo Kota Jambi, peringatan HAN dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan COVID-19.*

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020