APP Sinar Mas grup Provinsi Jambi dalam mendukung pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menyiapkan sistem Automatic Weather Station (AWS) alat pengukur cuaca otomatis yang dibangun APP Sinar Mas grup di setiap anak perusahaannya.

"Alat pengukur cuaca otomatis atau Automatic Weather Stasion (AWS) tersebut dinilai membantu upaya pemerintah dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi," kata Analisis Cuaca dan Potensi Terjadinya Kebakaran Hutan di Provinsi Jambi Dr Asep Karsidi, di Jambi dalam acara diskudi daring 'webinar nasional dengan tema Kesiapan Jambi Menghadapi Musim Kering 2020', Selasa.

Automatic Weather Station adalah alat pengukur cuaca otomatis dan pengembangan dari stasiun cuaca versi tradisional yang berfungsi untuk menghemat tenaga kerja manusia atau memungkinkan pengukuran di daerah-daerah terpencil dan pihak APP Sinar Mas Grup di Jambi sudah membangun 53 unit AWS di setiap distrik milik APP Sinar Mas di Provinsi Jambi.

Alat AWS tersebut dapat memberikan informasi peringatan dini bagi para petugas untuk mengambil tindakan dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan. Kemudian AWS ini juga dapat mengukur unsur cuaca, suhu udara, kelembaban sampai dapat mengukur kelembaban tanah mulai dari kedalaman lima centimeter, 20 cm, hingga satu meter di bawah tanah.

"Peralatan ini persis sama dengan yang dibangun dan dipunyai oleh BMKG dan LAPAN," kata Asep Karsidi.

Menurut Asep, data-data yang diberikan oleh AWS merupakan data yang digunakan untuk membangun fire danger early system atau peringatan dini bahaya potensi kebakaran hutan. AWS yang dibangun oleh APP Sinar Mas di seluruh distriknya itu dapat menentukan secara detail warna zona kawasan rawan karhutla suatu wilayah sehingga kerap digunakan untuk prediksi karhutla.

Sementara itu, Humas PT Wira Karya Sakti (WKS) anak perusahaan Sinar Mas Grup, Taufik Qurochman mengatakan konsentrasi perusahaan adalah kolaborasi dengan peat management (manajemen gambut) dan fire management' (manajemen pengendalian api) yang mana dalam hal ini sangat penting dalam antisipasi kebakaran lahan dan hutan di areal gambut.

"Sistem AWS fire managemen dan sistem AWS peat management akan mendeteksi secara dini dalam pencegahan karhutla ke depan, sehingga Provinsi Jambi bebas dari kebakaran hutan dan lahan pada tahun ini," katanya.*

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020