Komunitas peduli lingkungan, Jambi Greeneration melakukan pembagian bibit dalam rangka grand opening peresmian Bank Sampah Sahabat di daerah Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kota Jambi.

Bank Sampah yang dikelola oleh empat RT  RT 32, RT 25, RT46 dan RT 49 ini merupakan hasil pendampingan dari Jambi Greeneration dan Greeneration Foundation dalam sebuah program bernama Ecoranger.

"Grand opening dilakukan dengan dibuka rekening tabungan anggota Ecoranger dan kemudian diberikan bibit tanaman buah sebagai bentuk apresiasinya", kata Ketua Jambi Generation Suci Wulandari .

Pemberian bibit ini merupakan wujud dari kepedulian terhadap pengelolaan sampah dari tingkat sumber semoga dapat dikelola dengan sebaik-baiknya.

“Bank Sampah yang kita bangun diharapkan juga dapat menjadi sarana edukasi serta pusat aktivitas masyarakat di empat RT yang kita dampingi ini agar dapat bijak dalam mengelola sampah”, kata Suci.

Infrastruktur yang terletak di RT 25 ini memiliki dua fasilitas pengelolaan sampah yaitu Rumah Kompos dan Bank Sampah.

“Ini merupakan paket lengkap dalam hal pengelolaan sampah di tiap sumber. Untuk sampah organik dapat di proses di Rumah Kompos sedangkan sampah anorganik yang memiliki nilai ekonomi dapat di tabung di Bank Sampah," lanjut Suci.

Sebelumnya juga telah dilakukan pelatihan kepada 40 orang warga Kenali Asam Bawah yang menjadi Ecoranger dari empat RT yang di dampingi untuk dapat mengerti tentang pengelolaan sampah yang bijak dan berkelanjutan.

"Jadi setelah kita berikan 3 kali pelatihan ke warga, baru kita bangun infrastruktur ini dan kemudian akan diurus oleh warga yang juga di dampingi oleh Jambi Greeneration,” tambahnya.

 

Pewarta: M Irham

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020