Menanam sayuran dengan sistem hydroponik menjadi salah satu trend dan solusi memenuhi kebutuhan pangan  di masa pandemi COVID-19.

“Menanam sayuran dengan system hydroponik sangat mudah, dan tidak memakan tempat, sehingga bisa di lakukan di pekarangan rumah yang tidak luas,” kata Pendamping Lapangan Hydroponik Barokah Gerai Energy Oky Setiawati di Jambi, Minggu.

Bertanam sayuran dengan system hydroponik sangat cocok untuk mengisi waktu luang saat berada di rumah. Terutama selama masa pandemi COVID-19 yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Oki menyebutkan bertanam sayuran dengan  hydroponik tersebut sangat baik dilakukan di masa pandemi COVID-19 karena hasilnya bertanam sayur tersebut mendukung masyarakat memenuhi kebutuhan sayuran yang tidak harus pergi ke pasar.

Dalam satu set rak media tanam sayuran hydroponik tersebut dapat di tanam beberapa jenis sayuran. Sehingga sayuran yang di hasilkan nantinya akan lebih bervariasi. Dan sangat mendukung masyarakat dalam memenuhi asupan bergizi di masa pandemi COVID-19.

Selain menjual sayuran dari sistem tanam hydroponik, Hydroponik Barokah Gerai energi binaan Pertamina tersebut juga memberikan edukasi kepada masyarakat yang berkunjung terkait bagaimana bertanam sayuran dengan sistem hydroponik tersebut.

Sehingga saat ini banyak masyarakat di Jambi yang bertanam sayuran di pekarangan rumahnya dengan sistem hydroponik.

“Kita juga memberikan edukasi kepada masyarakat bertanam sayuran dengan system hydroponik, sehingga kunjungan masyarakat di gerai kita relatif stabil selama masa pandemi COVID-19 ini,” kata Oky Setiawati.

Jenis sayuran yang di ajarkan dalam bertanam dengan sistem hydroponik cukup bervariasi, diantaranya sayuran selada, seledri, sawi, sawi putih, nay bai dan jenis sayuran lainnya.

“Untuk penjualan sayuran hydroponik di gerai kita juga relatif stabil di masa pandemi COVID-19 ini, harga jualnya bervariasi di sesuaikan dengan jenis sayurannya,” kata Oky Setiawati.

Harga jual sayuran di Hydroponik Barokah Gerai energi tersebut mulai dari Rp3.000 hingga Rp10 ribu per 100 gram nya. Di sesuaikan dengan jenis sayuran yang di beli. Selain itu, gerai hydroponik barokah tersebut juga menerima pesanan dan jasa antar sayuran ke rumah rumah warga.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020