Pengelola Pasar Tradisional Angso Duo Jambi memberikan keringanan angsuran kios bagi pedagang di Gang Siku Pasar Kota Jambi yang ditertibkan oleh Pemerintah Kota Jambi. 

"Untuk pedagang yang ditertibkan kita berikan keringanan pembayaran uang muka dan angsuran," kata Kabag Humas Pasar Tradisional Angso Duo Jambi Maiful Efendi di Jambi, Jum'at. 

Pedagang yang ditertibkan oleh Pemkot Jambi pada Juni 2020 lalu diberi keringanan untuk menempati terlebih dahulu kios di Pasar Angso Duo selama enam tanpa dipungut biaya. Setelah enam bulan pedagang diminta untuk membayar uang muka. Dimana pembayaran uang muka tersebut juga dapat dicicil pedagang dalam dua kali pembayaran. 

Pengelola Pasar Angso Duo Jambi telah menyediakan 600 kios untuk pedagang yang di tertibkan tersebut. Namun hingga saat ini baru terdapat dua orang pedagang yang menempati kios yang telah disediakan oleh pengelola pasar tersebut. 

Dijelaskan Maiful, ada sekitar 170 pedagang yang mendaftar untuk menempati kios-kios tersebut. Namun hingga saat ini pedagang yang didominasi oleh pedagang pakaian tersebut belum ada yang menempati kios nya. 

"Kita sediakan kios di blok A dan blok B, untuk harga masing masing kios di sesuaikan dengan ukurannya," kata Maiful Efendi. 

Kios yang tersedia di pasar tersebut mulai dari ukuran dua meter persegi, tiga meter persegi dan dua meter kali tiga meter persegi. Harganya kios tersebut dari Rp67 juta per kios hingga Rp167 juta per kios. 

Secara keseluruhan terdapat 1.300 kios di pasar tersebut. terbagi dalam beberapa blok dan kluster. Diantaranya kios khusus pedagang pakaian, sayuran, bumbu dan rempah rempah, dan pedagang lainnya. 

"Ada sekitar 700 kios yang belum terisi, kita terus berupaya agar pedagang yang berjualan di tempat yang tidak memiliki izin dapat berjualan di dalam kawasan pasar," kata Maiful Efendi. 

Sementara itu, selama pandemi COVID-19 pengelola pasar tersebut menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara disiplin. Dimana pedagang dan pengunjung pasar wajib menggunakan masker saat melakukan aktifitas di pasar. Serta pengelola pasar telah menyediakan tempat untuk mencuci tangan di beberapa titik. 
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020