Fakultas Hukum Universitas Jambi (Unja) melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada tahun ini berbagai sekolah yang ada di Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi, salah satu rangkaian kegiatannya dengan memberikan pemahaman kepada pelajar SMA sebagai pemilih pemula pada Pilkada serentak tahun ini.

Pada kegiatan kali ini sekolah yang di singgahi tim pengabdian yaitu SMA Negeri 4, Kota Sungai Penuh yang disaat pelaksanaan pengabdian kondisi masih dimasa pandemi COVID-19, namun karena wilayah Kota Sungai Penuh berada dalam zona hijau maka kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi standar protokol kesehatan, kata Ketua tim pengadilan, Bustanuddin, SH, LL.M, Rabu.

Pengabdian kepada masyarakat merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri dari pengajaran, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat. Khusus untuk pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan membantu masyarakat tertentu khususnya pelajar di SMA  Negeri 4 Kota Sungai Penuh.

Secara umum program ini dirancang oleh berbagai universitas atau institut yang ada di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia serta memberikan pemahaman berkaitan dengan perihal tertentu dan salah satunya berkenaan dengan pemahaman pelaksanaan pemilihan kepala daerah bagi pemilih pemula di Sungai Penuh.

Kegiatan penyuluhan hukum ini mengambil tema tentang pelaksanaan pemilihan kepala daerah dengan judul tema "Penyuluhan tentang Pemahaman Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah bagi Pemilih Pemula di SMA Negeri 4 Kota Sungai Penuh”. Pemilihan Kepala Daerah merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pentingnya pelaksanaan pemilihan kepala daerah karena kegiatan ini merupakan salah satu proses pelaksanaan peralihan kepemimpinan dalam suatu daerah dengan proses yang teratur.

Keterlibatan masyarakat khususnya pemilih pemula merupakan salah satu unsur untuk suksesnya pelaksanaan pemilihan kepala daerah. Tentu hal ini juga termasuk di Kota Sungai Penuh. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan serta pemahaman pelajar mengenai arti penting keikutsertaan dalam kegiatan pemilihan kepala daerah sebagai bagian keterlibatan dalam mendukung  penyelenggaraan pemerintahandi daerah.

Dari segi hukum kegiatan ini memberi pemahaman pelajar mengenai konsep hukum tata negara tentang kegiatan pemerintahan khususnya berkenaan dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Salah satu kegiatan tersebut berkaitan dengan ikut berperan serta dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah sebagai pemilih pemula.

Beberapa dosen yang tergabung dalam tim pengabdian ini di ketuai Bustanuddin, SH, LL.M, dengan anggota Dasril Radjab, SH, MH dan Ansorullah, SH MH, Dimar Simarmata, SH MH, dan Dr Ridham Priskap SH MH, MM.

Kegiatan ini selain bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang pemahaman pelaksanaan pemilihan kepala daerah bagi pemilih pemula di Kota Sungai Penuh, nantinya guru dan para pelajar bisa berperan aktif  untuk memberikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat lainnya tentang peraturan hukum dan arti penting keikutsertaan dan keterlibatan dalam mensukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang akan diselenggarakan pada Desember 2020.

Sementara itu kepala sekolah SMA N 4 Kota Sungai Penuh, Abndi Zubir mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Hukum Universitas Jambi tahun 2020. Respon dan tanggapan dari para peserta pelajar terhadap kegiatan ini sangat baik, pelajar sangat antusias dalam mengikuti materi yang disampaikan baik dilakukan dengan cara diskusi, tanyajawab serta pemutaran video yang berkaitan dengan Pemahaman Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah bagi Pemilih Pemula.
 
Foto bersama dengan beberapa siswa SMA Negeri 4 Kota Sungai Penuh yang menjadi peserta pengabdian pada masyarakat Fakultas Hukum Unja.(ANTARA/HO)


 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020