Dalam tiga bulan terakhir, pengiriman ikan hias melalui Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu (BKIPM) Jambi meningkat.

"Hampir semua jenis ikan hias meningkat pengirimannya, namun peningkatan yang cukup drastis yakni ikan cupang," kata Kasi Pengawasan, Pengendalian, Data dan Informasi (Wasdalin) BKIPM Jambi Paiman di Jambi, Kamis.

Jika dibandingkan dengan pengiriman bulan Agustus, pengiriman ikan cupang alami peningkatan yang sangat signifikan. Pada Agustus 2020 hanya terdapat 239 kali pengiriman dengan jumlah 10.164 ekor. Sementara pada bulan September mencapai 324 kali pengiriman dengan jumlah 15.593 ekor. Sementara pada Juli 2020 terdapat 265 kali pengiriman dengan jumlah 12.840 ekor.

Pengiriman ikan hias tersebut turut di pengaruhi oleh aktifitas penerbangan. Dimana pada Agustus lalu penerbangan di Bandara Sultan Thaha Jambi menurun karena ter dampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

"Jika penerbangan normal, pengiriman ikan hias tersebut dapat terus meningkat," kata Paiman.

Meski demikian selama pandemi COVID-19 pengiriman ikan hias tersebut memang alami peningkatan di bandingkan dengan sebelum terjadi pandemi COVID-19. Jenis jenis ikan hias di Jambi yang mendominasi yakni Ikan Guppy, Ikan Koi, Mas Koki, Molly, dan Ikan Komet.

Ikan ikan hias tersebut dikirim ke sejumlah daerah di Indonesia, diantaranya dikirim ke Jakarta, Tanjung Balai-Karimun, Batam, Surabaya, Bandung, Tembilahan, Medan, Palembang, Yogyakarta dan Lampung.

Ikan ikan hias yang dikirim dari Jambi tersebut merupakan ikan hias air tawar. Dimana pengepul ikan hias tersebut mendapatkan ikan dari warga yang mencari ikan hias di sungai sungai yang ada di daerah itu.

Sementara itu, pengiriman udang kipas melalui BKIPM terbilang turut meningkat. Dimana Pada Agustus lalu terdapat 346 kali pengiriman dengan jumlah 465.840 ekor udang yang dikirim. Pada September terdapat 377 kali pengiriman dengan jumlah 486.310 ekor udang yang dikirim.

Pengiriman udang kipas tersebut tergantung pada Pengepul di Jakarta yang akan mengekspor udang ke luar negeri. Jika pengiriman ke luar negeri lancar, maka pengiriman udang di Jambi juga akan lancar.

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020