Kesembuhan warga dari Covid-19 disambut syukur para tetangga.

Masyarakat Dusun Bugangan, Desa Trasan, Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menggelar syukuran atas kesembuhan dua warga setempat dari COVID-19.

Berdasarkan pantauan di Magelang, Kamis, mereka menggelar syukuran dengan membuat tumpeng nasi dan dimakan bersama-sama di halaman mushalla Dusun Bugangan.

Prosesi syukuran diawali Kades Trasan Bagawat Gita mendatangi rumah warga yang menjalani isolasi mandiri untuk menyampaikan surat keterangan dari Puskesmas Bandongan, bahwa yang bersangkutan dinyatakan telah sembuh dari COVID-19.

Ia kemudian mengajak warga yang telah menjalani isolasi mandiri tersebut ke tempat acara syukuran dan para tetangga menyambutnya di halaman mushalla, dilanjutkan pemotongan tumpeng dan makan bersama-sama.

Kades Bagawat Gita menyampaikan pihaknya mengunjungi dua warga yang telah selesai isolasi mandiri untuk menyampaikan surat dari puskesmas bahwa masa isolasi mandirinya sudah selesai sehingga yang bersangkutan sudah bisa berkumpul dengan warga yang lain.

"Alhamdulillah dua warga Dusun Bugangan yang semula menjalani isolasi mandiri, sekarang sudah dinyatakan sehat dan bisa menjalankan aktivitas seperti semula," katanya.

Ia menyampaikan selama ini peran program "Jogo Tonggo" cukup baik untuk memberi semangat kepada yang bersangkutan dan keluarganya.

"'Jogo Tonggo' bisa mengoordinir warga untuk membantu kebutuhan sehari-sehari dan memberi pengertian kepada masyarakat yang lain," katanya.

Seorang warga Dusun Bugangan yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19, Sugiyati (58), menyampaikan terima kasih terkait dengan program "Jogo Tonggo" dan semua warga serta pemerintah yang telah memberi semangat dan motivasi pada dirinya sehingga bisa sembuh dari COVID-19.

"Setelah saya menjalani isolasi mandiri sekitar 14 hari, alhamdulillah saya dinyatakan sembuh seperti semula," katanya.

Ia berpesan kepada warga yang terpapar COVID-19 dan tanpa gejala supaya melakukan isolasi mandiri dan mematuhi aturan yang disarankan dari petugas kesehatan.

"Jangan putus asa, harus tetap semangat dan patuhi anjuran dari petugas kesehatan supaya cepat sembuh," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020