Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi akan melaksanakan debat publik putaran kedua antar calon Wakil Gubernur Jambi pada 21 November 2021.

"Debat putaran kedua antar calon wakil gubernur akan dilaksanakan pada 21 November di Hotel Swisbell Kota Jambi," kata Ketua KPU Provinsi Jambi M Subhan di Jambi, Selasa.

Debat putaran kedua tersebut khusus antar calon wakil gubernur, dimana pada debat putaran pertama khusus antar calon gubernur.

M Subhan menjelaskan teknis pelaksanaan debat putaran kedua tersebut masih sama dengan debat putaran pertama, dimana debat akan dilaksanakan pada malam hari, dimulai pukul 19.30 WIB. Hanya saja akan ada tayangan tayangan video pendukung jalannya debat yang akan di tampilkan saat debat dilaksanakan.

Sementara itu, sejumlah pengamat mengatakan bahwa debat putaran kedua antar calon Wakil Gubernur Jambi tersebut akan lebih di nanti oleh masyarakat.

Arfa'i pengamat politik yang merupakan akademisi di salah satu universitas negeri di Jambi mengatakan debat putaran kedua tersebut lebih dinanti karena masyarakat lebih antusias untuk melihat kemampuan wakil gubernur untuk menjawab persoalan atau kelemahan yang disampaikan oleh calon gubernur pada debat putaran pertama.

Selanjutnya masyarakat akan menilai kemampuan dan kerjasama serta penyerapan visi misi antara calon gubernur dan calon wakil gubernur melalui apa yang akan disampaikan saat debat nantinya.

"Kedua hal tersebut akan banyak mempengaruhi pilihan masyarakat kepada calon gubernur, bisa saja memperkuat tekad atau malah sebaliknya mengalihkan dukungan kepada kandidat lainnya," kata Arfa'i Pengamat Politik Jambi.

 Ketua Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (Kopipede) Provinsi Jambi Mochammad Farisi mengatakan menarik menyaksikan bagaimana calon wakil gubernur Jambi menyampaikan formulasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) jika mereka dipercaya menahkodai Provinsi Jambi selama lima tahun ke depan.

"Menarik bagaimana formulasi APBD yang akan ditawarkan masing masing kandidat, mengingat pandemi COVID-19 memiliki dampak terhadap segala lini," kata Mochammad Farisi.

Debat antar calon wakil gubernur tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara disiplin. Dimana akan dibatasi orang orang yang masuk ke dalam ruangan debat berlangsung. Serta debat tersebut akan di tayangkan secara langsung melalui siaran televisi lokal dan melalui akun resmi media sosial KPU Provinsi Jambi.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020