Anugerah Bandara Sehat yang diberikan Kementerian Kesehatan RI Kepada Bandara Sultan Thaha Jambi meningkatkan kepercayaan masyarakat di daerah itu memanfaatkan transportasi udara di masa pandemi COVID-19.

"Anugerah Bandara sehat dari Kemenkes itu meningkatkan kepercayaan masyarakat gunakan transportasi udara ya, dapat dilihat dari jumlah penumpang pada bulan November ini," kata Eksekutif General Manager Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi Indra Gunawan di Jambi, Jum'at.

Pergerakan penumpang di Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi pada November 2020 ini meningkat cukup signifikan jika dibandingkan bulan sebelumnya. Pada November ini pergerakan penumpang dalam satu hari bisa mencapai 1.500 sampai 1.800 penumpang. Baik itu yang datang ke Jambi maupun yang berangkat dari Jambi.

Sementara pada bulan Oktober, pergerakan penumpang berada di bawah 1.000 orang penumpang.

Menurut Indra Gunawan, anugerah Bandara sehat tersebut membuktikan bahwa Bandara Sultan Thaha konsisten menerapkan protokol kesehatan, terutama dalam masa pandemi COVID-19 saat ini yang masih berlangsung.

"Ini juga meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk naik pesawat," kata Indra Gunawan.

Sementara itu, untuk menghadapi libur panjang pada akhir tahun 2020 ini Bandara Sultan Thaha tengah bersiap mendirikan posko natal dan tahun baru. Dijelaskan Indra, posko natal dan tahun baru atau Nataru tersebut setiap tahun nya selalu, namun yang berbeda pada tahun ini yakni Posko tersebut juga dimanfaatkan untuk menjaga penerapan protokol kesehatan COVID-19.

Diprediksi, akan terjadi lonjakan penumpang pada libur panjang akhir tahun nanti. Sebab pada libur panjang cuti bersama September lalu turut terjadi lonjakan penumpang.

"Posko Nataru tersebut didirikan untuk keamanan jika terjadi lonjakan penumpang di saat libur panjang serta posko COVID-19 juga," kata Indra Gunawan.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020