Pemerintah Kota Jambi siap  memberlakukan sistem pembelajaran tatap muka bagi peserta didik tingkat SD dan SMP di daerah itu serta mengimbau  tak membeli makanan di kantin melainkan membawa bekal dari rumah masing-masing.
 

"Tahun 2021 pembelajaran tatap muka atau off line akan diberlakukan, peserta didik diimbau untuk membawa bekal makanan dari rumah," kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Senin. 

Tujuan peserta didik diimbau membawa bekal makanan tersebut agar peserta didik tidak berkerumun di kantin, serta mengurangi interaksi peserta didik dengan warga di luar lingkungan sekolah. 

Selain itu, selama beberapa bulan pertama Pemerintah Kota Jambi mengambil kebijakan untuk menutup kantin sekolah. 

Sementara itu, Pemerintah Kota Jambi akan melanjutkan inovasi pembelajaran off line yang sudah pernah diterapkan di masa pandemi COVID-19 pada beberapa waktu yang lalu. 

"Pemkot Jambi sudah pernah melaksanakan sistem pembelajaran tatap muka di masa pandemi COVID-19 dan mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat, inovasi ini akan dilanjutkan dan dikembangkan pada tahun 2021 mendatang," kata Syarif Fasha. 

Selama hampir dua bulan Pemerintah Kota Jambi pernah menjalankan sistem pembelajaran tatap muka di masa pandemi COVID-19. Pemerintah Kota Jambi membagi jam belajar dan jam masuk kepada siswa secara bergantian sesuai dengan tingkatan kelasnya.

Sehingga siswa yang mengikuti pembelajaran off line tersebut tidak menumpuk. dan tetap dapat menjaga jarak. 

Dimana pada saat itu sistem pembelajaran tatap muka tersebut dilaksanakan oleh Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain itu, sistem pembelajaran tatap muka tersebut dapat dilaksanakan jika mendapatkan izin orang tua secara tertulis. 

"Inovasi tersebut akan diteruskan untuk tahun 2021, namun akan ada perubahan perubahan teknis yang akan di atur oleh Dinas Pendidikan," kata Syarif Fasha. 

Dijelaskan Syarif Fasha, sebelum pelaksanaan pembelajaran tatap muka dilaksanakan, maka satuan pendidikan tingkat SD dan SMP akan diingatkan kembali terkait dengan kelengkapan sarana dan prasarana penerapan protokol kesehatan COVID-19 seperti tempat cuci tangan, alat pengukur suhu tubuh, himbauan menggunakan masker dan menjaga jarak. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020