Sepanjang tahun 2020 PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II telah menyalurkan dana Program Kemitraan (Prokem) ke seluruh wilayah region Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) senilai Rp26.9 miliar. 

"Program Kemitraan bukan hanya sekedar pemberian modal kerja namun juga mendampingi mitra binaan untuk tumbuh dan berkembang dengan memberikan pembinaan, pelatihan yang terarah serta pemberian fasilitas promosi dan pengembangan pasar," kata  Pjs. Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II, Ujang Supriadi melalui keterangan tertulisnya pada Kamis (31/12). 

Program Kemitraan diberikan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil Mitra Binaan yang bertujuan menjadikan mereka mandiri dalam menjalankan usahanya. Dana program kemitraan tersebut diberikan untuk 210 mitra binaan di berbagai sektor usaha, di antaranya perdagangan, perikanan, pertanian, perkebunan, industri dan lainnya.   

Di penghujung tahun 2020 ini PT Pertamina  (Persero) kembali menyalurkan dana program kemitraan ke tiga Provinsi, yaitu Jambi, Bengkulu dan Lampung senilai Rp5,5 Miliar pada periode November dan Desember tahun 2020. Dimana dana tersebut sudah termasuk dalam total seluruh penyaluran dana program kemitraan oleh Pertamina di region Sumbagsel pada tahun 2020 ini.

“Kita melewati masa sulit saat pandemi COVID-19 di sepanjang tahun 2020, dimana banyak Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak, sehingga dengan adanya program kemitraan ini diharapkan dapat membantu dan menjadi langkah awal UMKM untuk bangkit," kata Supriadi. 

Salah seorang mitra binaan Pertamina, UMKM konveksi Chandra mengatakan program tersebut sangat membantu para pelaku UMKM, terutama di tengah pandemi COVID-19 saat ini. 

"Kami merasa mendapatkan udara segar dari Pertamina," kata pemilik Konveksi Chandra, Mustika. 

Para mitra binaan diharapkan dapat memberdayakan potensi dan kondisi ekonomi, sosial, lingkungan masyarakat di wilayahnya dengan fokus diarahkan pada pengembangan ekonomi kerakyatan untuk menciptakan pemerataan pembangunan.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2020