Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jambi, Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo bersama Dandrem 042 Gapu, Brigjen TNI M Zulkifli dan Kepala BPBD Jambi, Bachyuni meninjau dan melihat langsung kesiapan PT Wira Sakti Karya (WKS) yang merupakan perusahaan tanaman industri dalam mengantisipasi terjadinya Karhutla pada tahun ini.

"Pak Kapolda, Danrem dan Kepala BPBD berserta rombongan melihat langsung sistem pengelolaan air untuk mengantisipasi bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dikelola di PT WKS yang dianggap bisa menjadi contoh pihak perusahaan lain di Provinsi Jambi menghadapi terjadinya karhutla," kata Humas PT WKS Taufik Qurrahman di Jambi Jumat.

Kapolda Irjen Pol A Rahmat Wibowo dan Danrem 042 Gapu Jambi Brigjen TNI Zulkifli dalam kunjungannya memberikan apresiasi dalam rangka kesiapan PT WKS menghadapi musim kemarau tahun 2021 yang bisa berdampak karhutla.

Selain itu, Kapolda dan Danrem juga berdiskusi dengan pihak PT WKS di Distrik VII ini juga dihadiri pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi.

Menurut Kapolda, kesiapsiagaan PT WKS dalam rangka mengantisipasi atau mencegah bahaya Karhutla patut menjadi contoh pihak lain. Apa yang dilakukan WKS 'best practise' (bisa jadi contoh) bagi pihak-pihak lain dalam kesiapsiagaan pencegahan dan penanggulangan karhutla.

Apresiasi juga disampaikan Danrem 042 Gapu Jambi dimana 'Strategy water Management' atau system pengelolaan air milik PT WKS sudah baik, Jadi kita tidak perlu studi banding ke luar negeri untuk mengantisipasi terjadinya karhutla.

Danrem juga menghimbau agar perusahaan lain mengadakan peralatan pemadam kebakaran sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah. Dalam waktu dekat kesiapan masing-masing perusahaan akan di cek bersamaan kesiapannya oleh Satgas Penanggulangan Karhutla Jambi guna mengantisipasi karhutla pada 2021.

Dalam diskusi yang digelar untuk melihat kesiapan PT WKS dalam menghadapi musim kemarau tahun 2021 ini dicapai beberapa kesepakatan, diantaranya akan digelar pertemuan lanjutan terkait strategi penanganan bahaya Karhutla khususnya di wilayah Londerang, Kabupaten Tanjabtimur.

Selain itu, akan dilakukan simulasi bersama antara Regu Pemadam Kebakaran (RPK) PT WKS dengan Polres Tanjabtim dan jajaran. Selanjutnya akan dilakukan sosialisasi terkait system pengelolaan air kepada pihak terkait guna menghadapi bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Kemudian lagi sarana dan prasarana penanggulangan bahaya kebakaran yang ada di RPK juga akan diperiksa secara rutin agar saat dibutuhkan bisa segera digunakan.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021