Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkuat koordinasi dengan instansi terkait di Provinsi Jambi untuk mencegah penyelundupan lobster di daerah itu.

"Tahun 2021 ini kita lakukan penguatan koordinasi terhadap instansi terkait untuk mencegah terjadinya penyelundupan benih lobster di Jambi," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) KKP Antam Novambar di Jambi, Rabu.

Dijelaskan Antam Novambar, Provinsi Jambi merupakan pintu penyeludupan benih lobster sehingga penguatan dengan instansi dan aparat penegak hukum sangat perlu dilakukan agar praktek penyeludupan tersebut dapat di berantas.

Pada tahun 2020, aparat penegak hukum di Jambi berhasil melakukan penegakan hukum di bidang kelautan dan perikanan, khususnya praktek penyeludupan benih lobster dengan nilai mencapai Rp70 miliar lebih. Dan benih-benih lobster yang berhasil diamankan tersebut telah di lepaskan ke habitatnya di perairan laut Sumatera Barat.


Menurut Antam Novambar penyeludupan benih lobster di Jambi masih cukup tinggi karena di awal tahun 2021 ini sudah terdapat penangkapan pelaku penyeludupan lobster di daerah itu.

Sementara itu, KKP memberikan penghargaan dalam penegakan hukum di bidang kelautan dan perikanan kepada jajaran Kepolisian Daerah Jambi dan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan bertempat di Hotel BW Luxury Jambi.

Selain memberikan penghargaan, KKP turut menerima hibah barang milik daerah berupa aset tanah dari Pemerintah Kabupaten Bungo dan Kabupaten Tanjab Barat yang akan dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur pendukung KKP RI di daerah itu.

"Tanah itu tidak didiamkan, akan kita bangun infrastruktur pendukung KKP RI di daerah itu," kata Antam Novambar.


Sementara itu, Pelaksana Harian Gubernur Jambi Sudirman berharap hibah barang milik daerah kepada KKP RI tersebut dapat dimanfaatkan dengan lebih optimal sehingga akan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat Jambi.

"Hibah tanah tersebut akan ditindak lanjuti oleh KKP RI dengan pembangunan infrastruktur," kata Sudirman.

Dan terkait dengan penegakan hukum penyeludupan lobster, Sudirman berharap penegakan hukum terhadap penyeludupan benih lobster khususnya dapat terus ditingkatkan. Sehingga tidak ada lagi praktek penyeludupan lobster di wilayah Provinsi Jambi.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021