PT Taspen (Persero) Cabang Jambi proaktif ikut mempersiapkan para peserta dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN)  di daerah itu yang akan memasuki masa pensiun dengan pembekalan pelatihan bisnis dan motivasi.

"Pensiun bukan batas akhir dari sebuah pengabdian, karena usia pensiunpun tidak menghalangi untuk berkiprah dan menekuni usaha," kata Kepala Taspen Cabang Jambi N Ratna Kusbandiah di Jambi, Rabu.

Kegiatan pembekalan bagi ASN yang akan purna bakti tersebut, kata Ratna merupakan kegiatan rutin dari perusahaan pengelola asuransi pensiunan tersebut, berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan pemangku kepetingan terkait.

Ia menyebutkan, pembekalan pada awal 2021 ini sudah dimulai sejak awal Februari melalui acara secara off line dengan menerapkan protokol kesehatan dan jumlah peserta yang disesuaikan dengan kondisi.

"Awal Februari sudah kita mulai kegiatan pembekalan, dilakukan secara off line dengan tetap memperhatinan protokol kesehatan kepada para calon purna bakti," kata Ratna.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dan sambutan dari para ASN yang akan mengakhiri masa baktinya. Mereka menghadiri kegiatan dengan antusias untuk mengikuti setiap sesi pembekalan.

Gelombang kedua pembekalan di wilayah Jambi, kata Ratna akan dilakukan pada 3 Maret 2021. Pelatihan mendatangkan nara sumber yang kompeten dan tepat untuk memberikan motivasi kepada para calon pensiunan.

"Nanti 3 Maret, ada juga pembekalan dengan BRI untuk mereka yang mau pensiun," katanya.

Sementara itu salah seorang pensiunan ASN, Narto mengaku pernah mengikuti pelatihan dan pembekalan sebelum purna tugas. Hal itu sangat membantu dan memberikan informasi yang sebelumnya tidak ia ketahui saat masih bertugas sebagai pegawai.

Menurut dia, banyak hal yang harus dipersiapkan memasuki masa pensiun, dan ia memiliki pengalaman sendiri dalam mempersiapkan masa pensiunnya.

"Persiapan pensiun secara matang itu perlu, karena kita akan memasuki suasana dan ritme sehari-hari yang berbeda. Baiknya memang kita melakukan persiapan, dan pembekalan-pemkebalan jelang pensiun itu akan sangat membantu," katanya.

Sementara itu berdasarkan data terakhir di kantor PT Taspen (Persero) peserta aktif Taspen di Provinsi Jambi saat ini sebanyak 74.152 orang. Sementara itu jumlah peserta  pensiunan sebanyak 35.162 orang.










 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021