Sebanyak sembilan di antara 11 kabupaten dan kota di Provinsi Jambi pada Rabu berstatus zona kuning atau risiko rendah penularan COVID-19.

Berdasarkan data dari Satgas COVID-19 Provinsi Jambi, sembilan kabupaten dan kota zona kuning tersebut, yakni Kota Jambi, Kabupaten Kerinci, Sarolangun, Merangin, Tebo, Bungo, Batanghari, Muaro Jambi, dan Tanjung Jabung Timur.

Sebanyak dua kabupaten dan kota lainnya zona orange COVID-19 atau risiko sedang penularan COVID-19, yakni Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Pada Rabu juga terdapat penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dan pasien yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 di daerah itu.

Pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu pada hari ini berjumlah 24 orang yang tersebar di tiga kabupaten, di antaranya 19 orang di Kabupaten Muaro Jambi, tiga orang di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dan dua orang di Kabupaten Tebo.

Dengan tambahan 24 pasien terkonfirmasi positif tersebut, maka total pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 berjumlah 5.971 orang. Sebanyak 10 pasien dinyatakan sembuh di mana seluruhnya dari Kota Jambi. Total pasien sembuh di daerah itu berjumlah 4.896 orang.

Pasien COVID-19 masih menjalani proses perawatan 986 orang, sedangkan pasien meninggal dunia 89 orang.

Satgas COVID-19 Provinsi Jambi mengimbau seluruh masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M, yakni mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta mengurangi mobilitas ke luar daerah.

Selain itu, Satgas COVID-19 mengimbau masyarakat untuk menyukseskan program vaksinasi COVID-19 sebagai upaya memutus mata rantai penularan COVID-19.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021