Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi kembali masuk zona merah COVID-19 atau zona risiko tinggi penularan COVID-19.

"Kota Sungai Penuh Kembali masuk zona merah COVID-19," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Jambi Johansyah di Jambi, Jum'at.

Dan 10 kabupaten kota lainnya di daerah itu ada yang berada pada zona orange dan zona kuning COVID-19.

Kabupaten dan kota yang berada pada zona orange COVID-19 atau zona risiko sedang penularan COVID-19 yaitu Kota Jambi, Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Muaro Jambi.

Tujuh kabupaten yang berada pada zona kuning atau zona risiko rendah penularan COVID-19 yakni Kabupaten Merangin, Sarolangun, Tebo, Bungo, Batanghari, Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

"Selain itu pada hari ini terdapat pasien COVID-19 yang meninggal dunia, laki-laki usia 64 tahun asal Kabupaten Kerinci," kata Johansyah.

Dengan bertambahnya satu orang pasien COVID-19 yang meninggal, maka total pasien yang meninggal karena COVID-19 di daerah itu berjumlah 95 orang.

Selain pasien meninggal, pada hari ini juga terdapat tambahan 42 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19. Ke-42 orang tersebut tersebar di Kota Sungai Penuh 21 orang, Kota Jambi 11 orang, Kabupaten Kerinci delapan orang dam di Kota Jambi dua orang.

Dengan demikian, total pasien terkonfirmasi positif di daerah itu berjumlah 6.330 orang.

Sementara itu, pasien yang dinyatakan sembuh pada hari ini berjumlah 11 orang. Tersebar di empat kabupaten dan kota, diantaranya delapan orang di Kota Jambi dan masing-masing satu orang di Kabupaten Merangin, Muaro Jambi dan Kabupaten Kerinci.

Dengan tambahan 11 orang pasien sembuh tersebut maka total pasien COVID-19 yang sudah dinyatakan sembuh di daerah itu berjumlah 5.071 orang. Dan yang masih menjalani proses perawatan hingga saat ini berjumlah 1.259 orang.

Satgas COVID-19 Provinsi Jambi menghimbau masyarakat di daerah itu agar disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan menerapkan 5 M. Yakni mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas ke luar daerah. Serta turut menyukseskan program vaksinasi COVID-19 untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021