Pemerintah Kota Jambi mendukung kelestarian batik Jambi mulai dari hulu  hingga hilir dengan mengupayakan regenerasi pembatik muda Jambi. 

Hal ini disampaikan Walikota Jambi Syarif Fasha, saat menghadiri Jambi Fashion Street  di Pedestrian Jalan Soemantri Kota Jambi , Sabtu.

Fasha  mengatakan Pemerintah Kota Jambi sudah mulai menyiapkan regenerasi pembatik Jambi sejak tahun 2015 lalu. 

"Tidak saja yang tua-tua, saat ini sudah ada regenerasi pembatik muda di Jambi, " kata Fasha. 

Ia meneruskan, pemkot sudah  melakukan pembinaan dan pendampingan bagi pembatik di Kota Jambi. Selain itu, Pemkot juga memberikan pelatihan kepada pembatik muda dan bantuan kepada pembatik salah satunya dengan kehadiran Asosiasi Batik Jambi (Asbaja). 

"Sejak tahun 2015 sudah ada, " katanya. 

Selain menciptakan regenerasi pembatik, dari sisi hilir juga dilakukan pembinaan kepada desainer-desainer Jambi. Seperti yang dikatakan Fasha, pemkot mendukung kegiatan pergelaran busana batik Jambi seperti yang digelar pada Jambi Fashion Street ini. Dengan kehadiran kelompok desainer Jambi Fashion Society ini juga menjadi upaya mendukung pembatik muda Jambi. 

"Desainer kota Jambi memang harus diberikan wadah, untuk itu sewaktu kemarin menghadap kami rekomendasikan untuk diadakan di tempat terbuka untuk mencegah penyebaran Covid, " ujarnya. 

Selanjutnya, dengan adanya fasilitas Pedestrian dapat menjadi tempat bagi pelaku industri fashion batik di Jambi dalam mempromosikan produknya . 

"Seperti yang dilakukan hari ini, memanfaatkan Pedestrian untuk memamerkan produk batik, " tutupnya. 

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021