Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Jambi menargetakan  penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) kembali  tumbuh pada tahun 2021 dan optimistids dapat mendominasi penyaluran KPR subsidi di  daerah itu.

 Branch Manager BTN Cabang Jambi, Aries Tuti kepada ANTARA Rabu (7/4) di Jambi mengatakan, target di tahun 2021 BTN tetap optimis dalam penyaluran KPR subsidi minimal 70 persen  dari market share yang ada di provinsi Jambi.

Sementara itu, melihat perkembangan penyaluran KPR subsidi pada tahun 2020 diakuinya memang tidak begitu memuaskan. Hal ini tidak lain karena dampak pandemi COVID 19 yang begitu besar  bagi masyarakat Jambi.

Ia menyebutkan, pertumbuhan KPR di tahun 2020 menurun jika dibanding tahun 2019. Pandemi berdampak pada pertumbuhan KPR di tahun 2020. Sebagian besar masyarakat mengurungkan niat untuk KPR dikarenakan adanya pemutusan hubungan kerja atau penurunan penghasilan  sehingga menurunkan daya beli masyarakat.

Diprediksi daya beli masyarakat untuk kepemilikan rumah akan berangsur  membaik seiring dengan membaiknya pergerakan perekonomian masyarakat Jambi di masa adaptasi kebiasaan baru ini.

“ Sehingga memilih menunggu keadaan lebih stabil. Kondisi sedikit lebih baik pada triwulan  tigadan empat  dimana kondisi perekonomian sudah mulai tumbuh,” katanya.

Dirinya menambahkan, dari keseluruhan total penyaluran KPR subsidi pada tahun 2020  memang masih memiliki gap jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Tetapi memang masih terdapat gap jika dibandingkan tahun 2019 sebesar 33 persen,” sebutnya.

Untuk  mendorong perbaikan KPR Subsidi ini, BTN memberikan stimulus, salah satunya melalui percepatan proses dengan berkas mandatori serta pengajuan kredit subsidi dapat melalui online BTN Property.

Menurunnya pendapatan debitur akibat dampak dari pandemi ini, Aries Tuti mengatakan bahwa BTN sudah memberikan relaksasi pada 2020  lalu kepada sejumlah debitur . Relaksasi diberikan melalui restrukturisasi yang diberikan kepada debitur BTN.

“Banyak memang yg direstru, tetapi ada juga  yang tidak  mau memanfaatkan restru ini. Mungkin karna mereka tidak  terkena dampak langsung dari covid seperti  PNS, TNI/POLRI, BUMN/BUMD dan lain-lainnya,” tutupnya.

 

 

 

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021