Ruang HIjau Coffee Shop  menjadi salah satu coffee shop di Jambi yang   banyak dikunjungi sebab uniknya di cafe ini pengunjung bisa  menikmati sajian makanan yang lezat sekaligus menikmati pemandangan satwa-satwa di sekelilingnya.

Terletak di dalam areal Kantor PTPN VI di jalan Lingkar Barat Kenali Asam Bawah Kota Jambi, Ruang HIjau merupakan salah satu bagian dari program pemanfaatan aset mlik PTPN VI. Kepala Bagian Perencanaan  dan Sustainabality PTPN VI, Irfan,S.T mengatakan, awalnya cafe ini dibuka hanya  untuk internal perusahaan saja,namun sejak diresmikan pada 10 Novermber 2020 lalu ternyata animo masyarakat Jambi akan kehadiran Ruang Hijau cukup tinggi. Sehingga mendorong perusahaan membuka Ruang Hijau untuk dikunjungi masyarakt umum.

"Ini awalnya hutan kita,ada beberapa binatang seperti Rusa, Merak ada Kalkun dan lainya. Dulu dinikmati sendiri oleh Internal, Seiring berjalan waktu terfikirlah untuk memanfaatkan ini menjadi coffee shop sebagai tempat relaksasi karyawan. awalnya cuma internal dan tamu perusahaan rupanya animo masyarakat tinggi akhirnya sekarang masyarakat umum bisa datang ke sini,"terang Irfan.

Irfan menuturkan, salah satu daya tarik Ruang Hijau adalah  kehadiran satwa-satwa di sekitar hutan milik PTPN VI. Saat tengah bersantai menikmati kopi maupun kudapan lainnya, pengunjung bisa melihat satwa-satwa yang hidup di hutan milik PTPN VI ini. Pengelola Ruang Hijau, Marwan kepada Antara menyebutkan  kehadiran satwa di sekitaran hutan yang  ini menjadi bonus bagi Ruang Hijau.

"Pengembangan aset yang dilakukan untuk komersil itu coffee shopnya,  seiring berjalan waktu  satwa ini menjadi bonus ," ujar Marwan.

Bukan sekedar coffe shop, Ruang Hijau juga bisa menjadi edukasi wisata bagi anak-anak karena bisa berinteraksi dengan satwa  secara langsung. Meski begitu, pengunjung tetap harus mengikuti aturan yang diberikan saat berinteraksi dengan satwa yang ada.

"Banyak yang datang ke sini bawa anaknya, orang ingin pengalaman baru dengan melihat satwa lebih dekat di tempat yang nyaman," tuturnya.

Kehadiran Ruang Hijau juga mendukung  dengan bisnis PTPN VI di bidang  agro. Kopi  dan teh sebagai salah satu komoditi  yang dihasilkan oleh perusahaan ini tentunya dimanfaatkan untuk  produk-produk minuman Ruang Hijau.
Marwan mengatakan  kualitas produk PTPN VI tidak diragukan lagi, dengan menggunakan produk PTPN VI juga menjadi karakter bagi Ruang Hijau ddari coffee shop lainnya.

"Ada komoditi kopi dan teh yang bisa  Ruang Hijau manfaatkan . Ruang Hijau ada karakter pakai produk PTPN VI  sehingga kita berdayakan produk sendiri," ujarnya.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021