Bank Indonesia Provinsi Jambi ikut memperingati perayaan hari Kartini 21 April 2021 dimana hari ini  pimpinan dan pegawai wanita  Bank Indonesia Provinsi Jambi  mengenakan kebaya sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan RA Kartini.

Ditemui di kantornya, Kepala KPw BI Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution di Jambi mengatakan  momen perayaan  hari Kartini setiap tahunnya selalu rutin digelar Bank Indonesia Provinsi Jambi dengan mewajibkan karyawan perempuan mengenakan kebaya. Namun ada salah satu yang spesial dimana pegawai perempuan Bank Indonesia Provinsi Jambi  mengenakan kain batik Jambi.

"Berkebaya ini merupakan kegiatan tiap tahun karena ini sebagai simbol apresiasi kami kepada Kartini atas perjuangannya, "katanya

Dirinya meyakini bahwa  momen kartini mampu dimaknai dengan berbagai cara. Bank Indonesia Provinsi Jambi memaknai perayaan hari Kartini sebagai salah satu momen untuk mendukung produk lokal. Salah satunya dengan mengenakan batik Jambi untuk mendorong pertumbuhan UMKM lokal Jambi. Ke depan, dikatakannya pihaknya akan membuat kebijakan internal kepada karyawan Bank Indonesia Provinsi Jambi untuk mengenakan baju kurung dan kain batik Jambi saat bekerja.

"Dihari-hari tertentu nantinya akan saya berlakukan seperti itu, entah sebulan sekali atau sebulan dua kali. Kami ingin mendorong perekonomian lokal Jambi," terangnya.

Suti menambahkan,  Bank Indonesia terus berupaya untuk mendukung pengrajin lokal, dari sisi budaya dengan tetap melestarikan produknya dengan cara menggunakannya sementara itu dari sisi ekonomi BI Jambi meyakini bahwa dengan pelestarian itu akan mendorong perekonomain pengrajin produk lokal Jambi seperti batik Jambi.

 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021