Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo bersama Ketua Bhayangkari  Evi Rachmad Wibowo, memberikan bantuan benih ikan untuk keramba dan bantuan sembako bagi warga kurang mampu yang terdampak pandemi COVID-19 di wilayah Kecamatan Kumpeh Ilir, Kabupaten Muarojambi. 

Penyerahan benih ikan keramba dan sembako tersebut dilakukan berbarengan dengan  pengecekan pembangunan sekat kanal dan pencegahan karhutla di wilayah Kabupaten Muaro Jambi yang sebagian besar lahan gambut, kata Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Mulia Priyanto, Selasa.

Lokasi penyerahan bantuan itu  merupakan kawasan sekat kanal untuk mengantisipasi Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) lahan gambut.

Selain penyerahan bibit ikan keramba, Polda Jambi juga membantu pembuatan keramba ikan yang bermaksud untuk menambah populasi ikan di areal yang kurang pemijahan dan pembesarannya.

Dalam kegiatan itu, Kapolda Jambi beserta Ketua Bhayangkari Daerah Jambi didampingi oleh Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Danrem 042 Garuda Putih Jambi Brigjen TNI M Zulkifli dan Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah.

Kapolda Jambi bantuan sembako dan semoga bantuan ini bisa bermanfaat.

Kehadiran Kapolda dan rombongan selain melakukan pengecek keramba ikan dan sekat kanal di area HPH PT Pesona Indah Belantara (PIB) Desa Betung, Kecamatan Kumpeh Ilir, juga diharapkan bersama-sama menjaga keramba dan sekat kanal dalam mengantisipasi terjadinya karhutla.

Kapolda Irjen juga melanjutkan bahwa saat ini Indonesia masih menghadapi pandemi COVID-19 dan ia meminta kepadawarga untuk menjaga diri dan kesehatan dalam mencegah penyebaran corona.

Sementara itu Sekda Provinsi Jambi Sudirman dalam sambutannya menyampaikan program bantuan benih ikan itu sangat strategis dan mendukung kelestarian lingkungan. Dimana saat ini Jambi  berupaya dan bekerja sama dalam mengurangi laju kerusakan lingkungan dengan tujuan untuk menata sumber daya alam untuk memajukan ekonomi dan pembangunan nasional.

"Beberapa kali Jambi mengalami kebakaran hutan dan lahan yang sangat luar biasa dan merugikan pemerintah dan masyarakat, saat ini kita bersama berupaya untuk menjaga lingkungan dan mengajak masyarakat untuk peduli dalam pencegahan terjadinya karhutla," kata Sekda Jambi.

Sekda Provinsi Jambi menyampaikan apresiasi kepada  Kapolda Jambi yang sudah berupaya dalam pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan dan pihaknya berharap sinergitas akan terus terjalin untuk sama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Dalam acara pengecekan pembangunan sekat kanal dan penyerahan bibit ikan dan sembako tersebut juga dihadiri oleh Bupati Muaro Jambi Hj Masnah Busro, Dirreskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Sigit Dany Setiyono, Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol Parhorian Lumban Gaol, Dirbinmas Polda Jambi Kombes Pol Habib Prawira, Kapolres Muaro Jambi AKBP Ardiyanto serta unsur Forkompinda.



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021