Bupati Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi M Fadhil Arief memastikan penerapan protokol kesehatan COVID-19 di daerah itu dilaksanakan secara disiplin pada malam takbiran hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah. 

"Kita lakukan patroli ke beberapa pos pengamanan dan operasi ketupat untuk memastikan tidak ada kerumunan masyarakat di malam takbiran," kata Bupati Batanghari M Fadhil Arief di Batanghari, Kamis. 

Penerapan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin dilaksanakan di daerah itu dikarenakan daerah itu beberapa waktu lalu berada di zona merah COVID-19 atau zona resiko tinggi penularan COVID-19. Dan saat ini zonasi daerah itu sudah turun menjadi zona oranye COVID-19 atau zona resiko sedang penularan COVID-19. 

Dijelaskan Fadhil, dari delapan kecamatan di daerah itu terjadi kerumunan masyarakat di Kecamatan Muara Tembesi. Dimana pasar tradisional PU Muara Tembesi masih beroperasi hingga malam hari. Namun kerumunan tersebut dapat di urai oleh petugas. 

Selanjutnya Bupati Batanghari meninjau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang merupakan posko Satuan Tugas COVID-19 Batanghari.

"Kita juga melakukan koordinasi terkait teknis penerapan disiplin, aksi yustisi, desinfeksi dan pengamanan di pemakaman pada hari raya Idul Fitri," kata M Fadhil Arief.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021