Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Provinsi Jambi  H Anwar Sadat dan Bupati Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau  Muhammad Wardan membahas prospek kerja sama sektor pertanian, perkebunan hingga pembangunan jembatan penghubung antara dua daerah bertetangga itu.

Diskusi tersebut berlangsung dalam kunjungan Bupati Tanjabbar di Kabupaten Indragiri Hilir.

Selain Bupati Inhil, pada pertamuan itu juga hadir Wabup Inhil, Sekda Inhil, Sekda Tanjababr Agus Sanusi serta sejumlah pejabat teras di kabupaten bertetangga dengan Kabupaten Tanjabbar itu.

Dua pimpinan daerah bertetangga namun beda provinsi tersebut mendiskusikan berbagai hal seperti layanan air bersih, pertanian, perkebunan, sektor wisata untuk dikembangkan secara sinergi dan bersama-sama di kedua daerah itu.

Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan juga membahas terkait pembangunan jembatan penghubung antar kedua kabupaten itu.

Menurut dia, jembatan penghubung antar dua kabupaten  bila  terwujud akan membuat pertumbuhan kedua kabupaten bisa lebih maju lagi.

"Banyak hal yang harus dikerjasamakan berupa potensi daerah baik dari sektor wisata, pertanian dan perkebunan. Jembatan penghubung antar dua kabupaten bila ini terwujud akan membuat pertumbuhan  dua kabupaten ini lebih baik lagi," kata Muhamad Wardan.

Sementara itu Bupati Tanjabbar pada pertemuan yang berlangsung di aula rumah dinas Bupati Inhil tersebut menyebutkan ke depan pihaknya akan meningkatkan komunikasi dan kerja sama dengan berbagai daerah, terutama dengan daerah terdekat yang berbatasan.

"Ke depan akan terus berkomunikasi dan bekerja sama agar masing-masing visi dan misi bertemu , terutama dalam percepatan pembangunan baik di sektor pertanian, perkebunan dan potensi perairan," kata Bupati Anwar Sadat.

Bupati yang genap dua bulan menjabat menjadi orang nomor satu di Kabupaten Tanjabbar itu juga menyampaikan sejumlah program pemerintahannya antara lain optimalisasi CSR, pengembangan pendidikan keagamaan, pesantren serta insentif untuk para petugas syara seperti guru ngaji, muadzin dan imam mesjid.

Selain itu Bupati Tanjabbar juga  menyebutkan program unggulannya menyerap beras petani lokal oleh ASN di Tanjabbar sehingga membantu petani di daerah itu untuk memasarkan hasil sawahnya dengan harga yang tetap menguntungkan petani lokal.



 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021