Universitas Jambi menerbitkan buku panduan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang terintegrasi dengan pembelajaran Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.

Rektor Unja Prof Drs H Sutrisno dalam kata pengandar panduan tersebut menyebutkan, PMW merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Unja telah terlaksana selama 10 tahun.

"Pada 2021 ini Unja menerbitkan panduan yang mencakup petunjuk teknis dalam pelaksanaan kegiatan kewirausahaan ini," kata Prof Sutrisno.

Melalui buku panduan itu, kata rektor, sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan kewirausahaan yang terintegrasi dengan pembelajaran Merdeka Belajar - Jampus Merdeka (MBKM).

Diharapkan ke depannya, menjadi penguatan kewirausahaan bagi mahasiswa yang diharapkan mampu mengembangkan intellectual entrepreneurship dan global entrepreneur dari setiap mahasiswa Unja, dan pada gilirannya mendorong studentpreneur yang mampu meraih pencapaian prestasi di bidang kewirausahaan.

"Diharapkan nanti akan mampu membangun start-up yang siap menjawab kebutuhan masyarakat," kata Prof Sutrisno.

PMW merupakan program yang diperuntukkan mahasiswa dalam menciptakan aktivitas usaha. Tim mahasiswa harus melakukan analisis adanya kebutuhan dan peluang pasar untuk selanjutnya membuat kreatifitas dan inovasi komoditas usaha dalam rangka menyediakan kebutuhan pasar.

Komoditas dan produk inovatif bisa berupa barang atau jasa yang merupakan karya kreatifitas yang menunjukkan keilmuan dari setiap anggota tim mahasiswa.

Komoditas usaha ini selanjutnya merupakan salah satu modal dasar mahasiswa dalam berwirausaha dan memasuki pasar. PMW berfungsi memfasilitasi mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat kewirausahaan untuk berwirausaha dengan modal utama berupa produk inovatif.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021