Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat menyerahkan Sertifikat RSPO (Rountable of sustainability palm oil) dan peninjauan lubuk larangan di Desa Sungai Rotan Kecamatan Renah Mendaluh pada Kamis, 10 Juni 2021.

Bupati Tanjung Jabung Barat Anwar Sadat, mengatakan, perkebunan kelapa sawit di Tanjab Barat saat ini mencapai 158.325,4 Hektar, diantaranya merupakan kebun petani swadaya dengan luas 73.115 Hektar yang dikelola oleh 26.746 KK petani (2020 statistik perkebunan). Pihaknya turut bangga mendengar bahwa di Tanjab Barat ini telah ada 2 asosiasi petani swadaya berkelanjutan yang berhasil mendapatkan sertifikat RSPO (Rountable of sustainability palm oil) yaitu forum petani swadaya Merlung Renah Mendaluh (FPS-MRM) dengan anggota 314 petani dengan luas kebun 787.46 Hektar dan Asosiasi Petani Berkah Mandah Lestari (APBML) yang beranggotakan 219 petani dengan luas kebun 707.03 Hektar.

"Saya mengapresiasi apa yg telah dilakukan asosiasi petani,"terang Anwar Sadat.

Selanjutnya,  Bupati  menyerahkan sertifikat RSPO kepada Grup Manager FPS-MRM dan Manager APBML.  Selain itu dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan konservasi lubuk larangan Grup Manager FPS-MRM kepada Kepala Desa Sungai Rotan, Zunaidi serta penyerahan STDB atau Surat Tanda Daftar Budidaya oleh Kadis Perkebunan Tanjab Barat kepada anggota petani FPS-MRM yaitu A.Gafar dan Edi dari Lubuk Terap.

Lanscape Manager Yayasan Inisiatif  Dagang Hijau (YIDH)  Area Jambi,  Husnul Zaini menuturkan, dengan kehadiran YIDH dan Yayasan Setara SGO (lembaga non pemerintah) setidaknya pihaknya bisa memastikan adanya legalitas lahan terhadap kawasan yang dikelola lahan sawit ini agar lestari dan berkelanjutan. Dirinya berharap kedepan dengan adanya pendampingan dari YIDH dan Lembaga setara  ini dapat tercapai harmoni sosial dalam arti adanya interaksi yang positif antara perusahaan, masyarakat, pemerintah desa, dan pemerintah daerah.

"Dengan acara dialog petani serta penyerahan sertifikat RSPO dan peninjauan lubuk larangan ini semoga dengan kehadirannya bisa memperkuat keyakinan kami bersama sama dengan lembaga setara,"ujarnya.

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021