PT Wirakarya Sakti (WKS) anak perusahaan Sinas Mas Group menggelar pelatihan wirausaha kepada  anggota kelompok tani dari Desa Lubuk Madarsah Kecamatan Tegah Ilir Kabupaten Tebo Provinsi Jambi  cara pembuatan kompos sebagai usaha tambahan serta upaya pencegahan karhutla di daerah itu.

"Pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar konsesi merupakan bagian integral perusahaan dan sekaligus untuk mendukung upaya bersama dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan dan hal ini yang kini dilakukan PT WKS," kata Sosial and Scurity Head PT WKS, Faisal dalam keterangan tertulis  yang diterima ANTARA di Jambi, Rabu.

Dia mengatakan, jika kegiatan pelatihan ini merupakan tindakan konkret dari bentuk percepatan program perhutanan sosial di Jambi terutama untuk mitra dimana pada tahap awal ini kami ingin memastikan bahwa mitra perusahaan  dalam perhutanan sosial benar-benar telah siap untuk menjalankan program di lapangan.

Sebagai mitra pemasok APP Sinar Mas di Jambi melalui Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat (BPPM) berusaha memberdayakan masyarakat Kelompok Tani Hutan Sungai Landai Bersatu (KTH SLB) Desa Lubuk Mandarsah Kecamatan Tengah Ilir Kabupaten Tebo lewat pelatihan usaha produktif kewirausahaan pembuatan kompos.

Kegiatan pelatihan dengan tema pembuatan kompos dari pengembangbiakan sapi sistem silvopatural, mengajarkan para petani untuk beternak sapi serta memanfaatkan kotoran sapi dan limbah kelapa sawit untuk dijadikan kompos.

Pelatihan ini juga istimewa karena dilakukan dengan mendatangi langsung Kawasan Desa Dataran Kempas, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, yang sudah berhasil mengelola kompos lewat program Desa makmur Peduli Api (DMPA) serta merupakan Desa Binaan PT WKS.

Asmuddin salah satu peserta pelatihan dari KTH SLB mengaku sangat senang dapat mendatangi Desa Dataran Kempas dan belajar pengolahan kompos dan mudah-mudahan ilmu yang kami dapatkan selama pelatihan ini bisa kami realisasikan di desa kami.

Pelatihan juga dihadiri oleh Kepala Desa Lubuk Mandarsah, Zulfan dimana dia menjelaskan jika pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepakatan Kerjasama antara PT WKS dengan Kelompok Tani SLB tentang program perhutanan sosial.

WKS mendukung percepatan program perhutanan sosial di Jambi dengan menandatangani NKK kemitraan kehutanan bersama KTH SLB di desa itu.

Penandatanganan NKK disaksikan langsung oleh Camat Tengah Ilir Kabupaten Tebo dan Kepala Dinas Kehutana Provinsi Jambi serta disaksikan oleh pejabat Direktorat Jenderal PSKL Kementrian LHK secara online.




 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021