Direktorat polisi perairan dan udara (Polairud) Polda Jambi memberikan bantuan satu unit mesin pembuat pakan ikan untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat kelompok nelayan kerambah apung 'Berdayung Bersama' yang berada di Desa Jebus, Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi.

Di tengah pandemi COVID-19, bagi para nelayan apung itu mereka mengalami kesulitan mendapatkan pakan ikan dan selain itu harganya juga cukup mahal sehingga banyak masyarakat yang mengeluh dan melihat kondisi tersebut, Ditpolairud Polda Jambi memberikan bantuan mesin pembuatan pakan ikan kepada kelompok nelayan tersebut, kata Direktur Polairud Polda Jambi, Kombes Pol P Gaol, Kamis.

Pemberian bantuan ini untuk memajukan ekonomi rakyat khususnya masyarakat yang berada di pinggir perairan Sungai seperti di Desa Jebus. Dimana personil Polairud kemudian melihat ada sekelompok masyarakat kerambah ikan, terus kita lakukan penelusuran dan kelompok ini memang sedang kesulitan mendapatkan pakan ikan ditambah dengan harga yang tinggi dan di saat pandemi COVID-19 melanda.

"Maka dari itu kita memberikan bantuan mesin pembuatan pakan ikan," kata P Gaol.

Mesin pembuat pakan ikan tersebut hasil sumbangan dari seluruh personel Ditpolairud Polda Jambi secara sukarela. Aksi peduli yang bertajuk Apel Emas (Airud Peduli dan Empati kepada Masyarakat Pesisir) ini merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat perairan.

"Mudah-mudahan dengan mesin pembuat pakan ikan ini, dapat meringankan kelompok nelayan menekuni kerambah ikan ini," kata Gaol.

Polairud Jambi akan terus memantau perkembangan masyarakat menggunakan mesin pakan ikan tersebut. Pihaknya, juga akan membina hingga hasil panen ikan di kerambah bisa maksimalkan dan sekaligus menambahkan kegiatan ini juga dalam rangka memperingati hari HUT Bhayangkara ke-75/2021, dimana membentuk transpormasi polri yang presisi mendukung percepatan penanganan COVID-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia Maju.

Sementara itu, Kepala Desa Jebus, Jamaluddin mengucapkan terima kasih banyak kepada Ditpolairud Polda Jambi dengan memberikan bantuan mesin pembuat pakan ikan kepada kelompok nelayan kerambah apung berdayung bersama dan mereka akan berusaha memaksimalkan bantuan yang telah diberikan.

Setelah ini pihaknya akan melakukan pelatihan kepada nelayan agar bisa membuat sendiri pakan ikan sehingga lebih efisien dan menghemat harga. Di Desa Jebus untuk saat ini telah ada sebanyak 11 lerambah ikan dan akan menambah sekitar delapan kerambah ikan baru. Adapun, isi kerambah ikan tersebut bermacam jenis mulai dari ikan nila, patin, gurame dan yang lainnya.







 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021