Kepolisian daerah (Polda) Jambi optimis target capaian vaksinasi COVID-19 tercapai di Provinsi Jambi, baik yang dilaksanakan oleh Polda Jambi maupun seluruh jajarannya di daerah.

Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo didampingi, Bidokkes Polda Jambi Kombes Yulie Koesnin di Jambi, Senin mengatakan, Polda Jambi telah menerima sebanyak 33 ribu dosis vaksin COVID-19 dimana dari 33 ribu dosis tersebut telah disebar luaskan kepada Polres Jajaran Polda Jambi sekitar 1.500 dosis hingga 2.500 dosis vaksin.

"Seperti di Kabupaten Bungo sudah 5.000 dosis dan untuk Polres lainnya itu sekitar 2.000 dosis yang terpakai dan saat ini yang tersimpan di Polda Jambi dan jajaran hanya mencapai 12 ribu dosis vaksin COVID-19," katanya.

Dirinya mengklaim bahwa jumlah tersebut cukup untuk pelaksanan dosis kedua untuk masyarakat dan optimis untuk pelaksanaan vaksin ini tercapai, karena saat ini pihaknya masih menunggu terus masyarakat yang datang untuk melakukan vaksinasi.

Dirinya menjelaskan dosis pertama yang dilakukan beberapa waktu lalu menghabiskan sekitar 20 ribu dosis vaksin, dan harusnya menyediakan vaksin untuk dosis kedua sebanyak 20 ribu.

"Untuk kendala penyaluran vaksin tersebut belum ada kendala sampai saat ini," katanya.

Sedangkan untuk masyarakat sendiri sangat antusias dalam pelaksanaan vaksinasi tahap kedua tersebut, hanya saja karena kita mencegah kerumunan biasanya kalau datang bersamaan kecuali bukan dosis kedua kita arahkan nanti jam 13.00 WIB, karena hari ini khusus untuk pelaksanaan vaksinasi tahap kedua. Tetapi kalau masyarakat ingin suntik vaksin tahap pertama kita layani pada saat kosong Kita layani untuk vaksin pertama.

Disinggung mengenai vaksinasi untuk warga khusus nya Warga Suku Anak Dalam (SAD), Kabid Dokkes Polda Jambi, Kombes Pol Yulie Koesnin menegaskan untuk SAD diserahkan langsung ke Polres yang memiliki warga SAD tersebut.

"SAD kita serahkan ke Polres, dan mereka berkolaborasi dengan dinas kesehatan, baik mengunakan vaksin Dinkes, Polri ataupun TNI bisa juga, karena ditiga instasi itu sudah didrop masing masing untuk vaksin,

Dirinya juga menjelaskan kembali, khusus untuk warga SAD untuk NIK difasilitasi langsung oleh Dinas dukcapil setempat.

"Itu biasanya divasilitasi oleh daerah untuk ke Dukcapil untuk mendapatkam NIK, sama halnya dengan warga negara asing dia akan dikonfersi akan dicarikan di Dukcapil. NIK itu bisa masuk kesistem nantinya.











 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021