Luas lahan terbakar di Provinsi Jambi dalam tujuh bulan terakhir sebanyak 133,494 hektar yang tersebar di beberapa kabupaten di daerah itu.

Korem 042/Garuda Putih  melakukan koordinasi untuk melakukan hujan buatan di wilayah Provinsi Jambi, kata
Danrem 042/Garuda Putih Brigjen TNI M Zulkifli di Jambi, Kamis.

Dia mengatakan saat ini pihaknya bersama jajaran Kepolisian dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jambi, terus berjibaku  mengantisipasi  karhutla di Provinsi Jambi.

"Antisipasi yang dilakukan bila kondisi curah hujan di Provinsi Jambi mengalami penurunan signifikan," katanya.

Danrem juga menambahkan tingginya intensitas kabakaran hutan dan lahan dalam beberapa hari terakhir, disebabkan mayoritas dari ulah oknum masyarakat yang tak peduli dengan  memperluas lahan dengan cara membakar. 

 Untuk mengantisipasi hal tersebut, petugas gabungan akan melakukan patroli dan himbauan kepada masyarakat terkait bahaya karhutla.

Tercatat tujuh bulan terakhir sebanyak 133,494 hektar lahan di beberapa wilayah di provinsi Jambi terbakar yakni di Kabupaten Batanghari ada yang terbakar seluas 10,17 hektar, Kabupaten Bungo 6,00 hektar, Merangin 12 hektar, Kabupaten Muarojambi seluas 29,7 hektar.

Kemudian, Kabupaten Sarolangun seluas 1,5 hektar,  Tanjung Jabung Barat sebanyak 22,19 hektar,  Kabupaten Tanjung Jabung Timur 26,184 hektar, Kabupaten Tebo sebanyak 24,75 hektar, Kota Jambi sebanyak 0,5 hektar dan terakhir Kabupaten Kerinci sebanyak 0,5 hektar.









 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021