Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, mewajibkan seluruh atletnya untuk divaksin COVID-19 sebelum keberangkatan ke Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII di OKU Raya pada 21-28 Nopember 2021 dan Pekan Olimpiade Nasional XVI di Papua pada Oktober 2021.

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex di Sekayu, Rabu, mengatakan, vaksinasi massal bagi para atlet merupakan komitmen Pemkab Muba untuk memberikan ketenangan dalam berlatih dan keselamatan saat pertandingan nanti.

Sebanyak 564 orang atlet dan pelatih akan difasilitasi untuk divaksin sebelum keberangkatan mengikuti ajang bergengsi tersebut.

Menurut Dodi, atlet dan pelatih harus diberikan rasa aman dan nyaman yakni segala kebutuhan atlet dan pelatih baik itu vaksinasi, gaji, biaya operasional, peralatan latihan dan lainnya harus tersedia.

Khusus pemberian vaksin ini merupakan salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

Para atlet ini akan mendatangi daerah lain sehingga harus dipastikan tidak membawa virus corona, dan dalam keadaan tumbuh yang sudah divaksin, serta imun tubuh yang baik.

“Ini penting, agar pelaksanaan ajang Porprov dan PON dapat berjalan baik walau di tengah pandemi,” kata dia.

Sementara itu Ketua KONI Muba Raplen mengatakan kegiatan vaksinasi ini dilakukan menjelang perhelatan Porprov ke-13 yang akan dilaksanakan di OKU Raya pada 21-28 Nopember 2021 mendatang.

“Vaksin menjadi syarat para atlet untuk bisa ikut bertanding,” kata dia.

Adapun jumlah atlet yang akan divaksin yaitu 146 atlet binaan KONI dan 73 atlet PPLPD binaan Dispopar sehingga total berjumlah 564 orang.

Selain atlet, pelatih dan ofisial juga turut divaksin COVID-19.

Salah satu atlet PPLPD cabang olahraga bola voli, Lestri mengucapkan terima kasih kepada pemkab yang telah memprioritaskan jatah vaksin bagi para atlet dan pelatih.

"Alhamdullilah kami hari ini disuntik dosis pertama. Saya tidak merasakan ada gejala apapun, kami semua sehat-sehat saja, semoga kami tambah semangat untuk bertanding nanti,” kata dia.

Pewarta: Dolly Rosana

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021