Gubernur Jambi H Al Haris dan Wagub H Abdullah Sani melakukan kunjungan pertamanya ke Kampus Universitas Jambi di Kampus Unja Mendalo, Rabu.

Kedatangan Gubernur Jambi dan jajarannya disambut  Rektor Unja Prof Drs H Sutrisno dan staf pimpinan perguruan tinggi itu di Ruang Rektorat Unja.

"Ini merupakan pertemuan yang luar biasa bagi kami karena pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur hadir di Universitas Jambi dan ini merupakan suatu kehormatan bagi kami,” kata  Prof Sutrisno.

Selain itu kunjungan dari Gubernur dan Wakil Gubernur ke Unja diharapkan bisa memajukan Jambi dengan menggali kearifan lokal.

“Dengan posisi itu diharapkan Unja menjadi mitra strategis Pemprov Jambi untuk memajukan Jambi dengan membangun kearifan lokal yang ada dengan menggali sebanyak-banyaknya potensi lokal Jambi untuk level global, inovasi di desa harus digenjot. Dan ini sudah masuk dalam program Unja yang juga mendapat support dari Kemendikbud,” jelasnya lagi.

Sementara itu Gubernur Jambi, Al Haris menegaskan pemprov harus segera berkolaborasi dengan Unja.

 “Kita harus mencari pola bagaimana bisa struggle dan survive di tengah pandemi," katagubernur.

Ia melihat daerah lain di Jambi dan Indonesia yang ekonominya kuat justru karena keunggulan sektor pertaniannya. Sedangkan Provinsi Jambi memiliki kawasan pertanian yang luas diandalkan di  Kerinci dan Merangin sehingga menjadi daerah yang ekonominya terjaga karena pertanian dan perkebunan.

Terkait pengembangan sumber daya manusia, Al Haris ingin ikut terlibat di dalamnya. Bahkan, lanjutnya, saat ini pemprov juga membantu beasiswa untuk 100 mahasiswa  jenjang S1 dan S2.

“Memang tujuan sekolahnya masih 50 di dalam negeri dan 50 kuota untuk belajar ke luar negeri. Tapi intinya kami minta Unja membantu pemprov mengembangkan SDM untuk membangun Jambi," kata gubernur menambahkan.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021