E-market telah menjadi salah satu revolusi dalam teknologi informasi dan komunikasi yang utama di bidang ekonomi saat ini sehingga sangat berperan untuk memasarkan produk lokal. 

"E-market didefinisikan sebagai suatu tempat atau arena di dunia maya dimana calon pembeli saling bertemu untuk melakukan transaksi secara elektronis melalui medium internet. Sebenarnya e-market adalah salah satu bentuk dari e-commerce," kata Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno di Jambi, Kamis. 

Marketplace merupakan sebuah platform dimana Anda akan mendapatkan fasilitas jual beli dengan berbagai macam toko. Umumnya, jika dilihat dari kasat mata marketplace sendiri memiliki konsep yang sama dengan pasar tradisional secara nyata. 

Hanya saja, keberadaan marketplace ini sendiri dapat dilangsungkan secara online. 

Manfaat dan fungsi e-market, antara lain sebagai tempat dimana para pembeli berkumpul, sebagai penghubung antara pembeli dengan penjual, sebagai relasi antar pedagang dengan pedagang lain, serta sebagai salah satu sarana promosi tanpa adanya pungutan biaya. 

Kelebihan dari e-market dan produk lokal meliputi meningkatkan pangsa pasar, menurunkan biaya operasional, konsumen loyal, serta memperpendek waktu produksi.

Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Literasi Digital untuk meng-edukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan Literasi Digital. Lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform di 77 kota dan kabupaten di area Sumatera II.

Mulai dari Provinsi Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI-Polri, Orang Tua, Pelajar, Penggiat Usaha, Pendakwah dan sebagainya.

ada empat kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture dimana masing masing kerangka mempunyai beragam tema. Dengan pesatnya kemajuan teknologi dan adanya pandemi merubah segala aktifitas masyarakat, dan untuk menghadapinya harus mempercepat agenda literasi digital.

Salah satunya adalah menciptakan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital memegang peranan penting di dalamnya. Literasi digital adalah kunci bagi masyarakat pada saat ini.

Selanjutnya pada materi kecakapan digital di bahas tentang pentingnya memiliki digital skil di masa pandemi COVID-19 oleh Direktur LPT Panghengar dan US AID YEP Project United State Agency for International Develop Zul Ichwan. Dan pada sesi keamanan digital di bahas terkait dengan dunia maya dan rekam jejak digital oleh Dosen Desain Produk ITENAS dan Wirausahawan Kuliner  Agung Pramudya Wijaya. 

Pada materi budaya digital di jelaskan tentang cara dan legalitas bayar tagihan on line oleh Kepala Bidang Bina Pemerintahan dan Keuangan Desa Kabupaten Muaro Jambi Dede Noviyanto. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021