Semakin pesatnya kemajuan teknologi memudahkan masyarakat untuk melakukan aktivitas kehidupan sosial termasuk berbelanja secara on line, namun perlu di pahami bagaimana aturan berbelanja on line. 

"Jenis transaksi on line meliputi model transfer antar bank, cash on delivery atau pembayaran di tempat serta rekening bersama," kata Guru Sejarah SMAN 5 Tebo Ahmad Adro'i saat menjadi narasumber program literasi digital Kementerian Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Tebo secara virtual, Kamis.

Adro'i menjelaskan cara berbelanja online dengan aman antara lain hindari penggunaan wifi publik. Kemudian gunakan situs belanja terpercaya, pilih reseller dengan reputasi terbaik dan perhatikan deskripsi produk dengan detail. 

Selanjutnya pilih metode pembayaran ditempat atau rekening bersama, serta simpan bukti transfer. Karakteristik toko online palsu antara lain harga produk tidak wajar, akun media sosial baru dibuat, kolom komentar dinonaktifkan, testimoni dan rekening mencurigakan serta tolak bayar bertemu langsung.

Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Literasi Digital untuk meng-edukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan Literasi Digital. Lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform di 77 kota dan kabupaten di area Sumatera II.

Mulai dari Provinsi Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI-Polri, Orang Tua, Pelajar, Penggiat Usaha, Pendakwah dan sebagainya.

ada empat kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture dimana masing masing kerangka mempunyai beragam tema. Dengan pesatnya kemajuan teknologi dan adanya pandemi merubah segala aktifitas masyarakat, dan untuk menghadapinya harus mempercepat agenda literasi digital.

Salah satunya adalah menciptakan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital memegang peranan penting di dalamnya. Literasi digital adalah kunci bagi masyarakat pada saat ini.

Selanjutnya pada materi kecakapan digital dijelaskan tentang digital skill and online learning oleh Dosen STP Bandung dan Sekpro MTB STP Bandung Mandrahitya Kusuma. Kemudian pada materi keamanan digital dijelaskan tentang tips menjaga kemanan digital bagi anak-anak di dunia maya oleh Asdep Personal Kemenpar 2015-1018 Pemerhati Pariwisata Raseno Arya.

Dan pada materi budaya digital dijelaskan tentang pilihan antara menabung atau berbelanja online oleh Kepala SMA 7 Tebo Sularno.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021