Pemerintah Provinsi Jambi pada tahun 2021 memberikan bantuan benih untuk 63 ribu hektar lahan pertanian untuk mendorong peningkatan produksi pertanian di daerah itu.

"Bantuan benih dari Pemprov tahun 2021 ini untuk 63.694 hektar lahan yang terdiri dari benih padi, kedelai, jagung, kacang tanah dan porang," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi Ahmad Maushul di Jambi, Jum'at.

Maushul menjelaskan bantuan benih tersebut bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jambi tahun 2021.

Bantuan benih tersebut di berikan kepada petani di 11 kabupaten dan kota di Provinsi Jambi melalui Dinas Tanaman Pangan di setiap kabupaten dan kota.


Bantuan benih yang bersumber dari APBN yakni benih kedelai untuk 4.200 hektare lahan. Kemudian bantuan benih jagung untuk 7.200 hektare lahan, bantuan benih porang untuk satu hektar lahan dan bantuan benih padi untuk 51.393 hektare lahan pertanian.

"Selanjutnya yang bersumber dari APBD Provinsi Jambi yakni bantuan benih kacang tanah untuk 900 hektar lahan," kata Ahmad Maushul.

Bantuan benih padi yang diberikan kepada petani di Provinsi Jambi memiliki jenis yang berbeda-beda. Di antaranya padi inbrida lahan kering, padi nutrizink (bioforti), padi inbrida sawah, padi inbrida (PEN), break down inbrida, benih padi IP 400 dan padi rawa.

Bantuan benih padi tersebut sesuai dengan kebutuhan petani yang tersebar di sebelas kabupaten dan kota.

"Bantuan benih yang bersumber dari APBN sudah kita realisasikan seluruhnya, sementara yang bersumber dari APBD saat ini masih dalam proses realisasi," kata Ahmad Maushul.
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021