Dosen Universitas Padjajaran Nunig Kurniasih menjelaskan transaksi digital merupakan sebuah proses transaksi antara satu pihak dengan pihak lain tanpa mempergunakan uang tunai.

“Transaksi digital mengubah operasional pembayaran tradisional dengan uang cash menjadi transaksi pembayaran non tunai (cashless), dari pembayaran langsung menjadi transfer, dari dompet tradisional menjadi dompet digital,” kata Nuning saat menjadi narasumber pada program Literasi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika di Kabupaten Batanghari, Minggu.

Jenis-jenis transaksi digital meliputi e-money, e-wallet, online banking, QR code, dan block chain. Kelebihan transaksi digital meliputi ringkas, mudah, terhindar dari uang palsu. Serta di era new normal terhindar dari virus yang menempel pada uang.

Kekurangan uang digital diantaranya e-money memerlukan mesin pembaca, ada biaya transaksi, saldo dalam e-money tidak dapat diuangkan. Hanya dapat dipergunakan untuk transaksi elektronik, biasanya menjadi lebih konsumtif, serta E-wallet memerlukan  koneksi internet.

Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Literasi Digital untuk meng-edukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan Literasi Digital. Lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform di 77 kota dan kabupaten di area Sumatera II.

Mulai dari Provinsi Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI-Polri, Orang Tua, Pelajar, Penggiat Usaha, Pendakwah dan sebagainya.

ada empat kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture dimana masing masing kerangka mempunyai beragam tema. Dengan pesatnya kemajuan teknologi dan adanya pandemi merubah segala aktifitas masyarakat, dan untuk menghadapinya harus mempercepat agenda literasi digital.

Salah satunya adalah menciptakan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital memegang peranan penting di dalamnya. Literasi digital adalah kunci bagi masyarakat pada saat ini.

Selanjutnya pada materi keamanan digital dijelaskan tentang main aman saat belanja on line oleh Guru perhotelan dan HUBIN SMK Bahagia Bandung Tresnawati. Selanjutnya pada materi budaya digital dijelaskan tentang peran literasi digital untuk mengubah pola pikir konsumtif menjadi lebih produktif oleh Kepala SMA N 1 Batanghari Rony Setyawati.

Dan pada materi etika digital dijelaskan cara beretika digital oleh Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Nurdin Hamzah Muhaimin.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021