Pemerintah Kota Jambi mengapresiasi PT. Pertamina (Persero) DPPU Sultan Thaha yang telah membentuk Satuan Taruna Siaga Bencana (Satagana) 29 di Kelurahan Eka Jaya, Kecamatan Pal merah Kota Jambi, Selasa (5/10).

Wakil Wali Kota Jambi, dr. Maulana mengatakan,  pengukuhan Satagana 29 Eka Jaya ini merupakan kegiatan yang menjadi bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pertamina (Persero) DPPU Sultan Thaha dengan tujuan untuk menyiapkan masyarakat yang paham dan peduli terhadap kondisi bencana. Usai dikukuhkan, personil Satagana 29 Eka Jaya ini akan mendapatkan diklat yang nantinya informasi pra bencana ini akan disosialisasikan kepada seluruh masyarakat tujuannya agar bisa mengantisipasi, mencegah dan memitigasi agar tidak terjadi bencana.

"Lebih baik masyarakat memahami tentang bencana, tapi bencana tidak pernah datang. Dari pada tiba-tiba ada bencana datang  tapi  masyarakat tidak paham tentang penanganan pertama dan penanggulangan yang cepat terhadap bencana,"kata Maulana.

Maulana menjelaskan, dengan pelatihan dasar yang diberikan kepada kelompok Satagana 29 Eka Jaya ini diharapkan masyarakat bisa memahami penanganan bencana sehingga tidak panik jika terjadi bencana baik bencana alam maupun bencana lainnya.

Operation Head Pertamina DPPU Sultan Thaha, I Komang Budhiarta menuturkan, pengukuhan kelompok Satagana 29 Eka Jaya  ini menjadi langkah pertama dalam pelatihan dasar penanganan bencana dan pertolongan keadaan darurat. Kehadiran kelompok Satagana 29 Eka Jaya ini  merupakan kelompok Satagana pertama di Kota Jambi yang dibentuk oleh PT. Pertamina (Persero) DPPU Sultan Thaha, dimana saat ini terdapat 40 personil dari kelompok Satagana 29 ini dan menjadi bukti kepedulian Pertamina pada bencana yang terjadi.

"Dengan Satagana ini ilmu penyelamatan bisa dimiliki personil sehingga nantinya juga bisa disebarluaskan ke masyarakat setempat dan menjadi pedoman saat menangani musibah bencana yang datang,"katanya.

I Komang menambahkan, pengukuhan kelompok Satagana 29 Eka Jaya ini menjadi salah satu dari CSR Pertamina DPPU Sultan Thaha di Kelurahan Eka Jaya selain CSR lainnya seperti dibidang peningkatan perekonomian masyarakat.


 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021