Pelaku Teater Indonesia (PTI) Korda Provinsi Jambi, mengumpulkan para ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bidang seni  di Taman Budaya Jambi untuk membangkitkan semangat mereka kembali berkarya meski masih berada di masa pandemi COVID-19.

Melalui keterangan tertulis yang di terima di Kota Jambi pada Kamis, Ketua PTI Korda Jambi Hendry Nursal mengatakan mengumpulkan UKM seni se-Kota Jambi untuk membakar semangat penggiat seni kembali aktif menghasilkan karya-karya. Dimana mahasiswa adalah generasi muda penerus bangsa, generasi yang akan juga meneruskan seni dan budaya di Jambi khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Serta PTI Korda Provinsi Jambi menjalin silaturahmi untuk membangun sinergi kepada UKM Seni dalam membangun dunia seni di Provinsi Jambi, khususnya di bidang teater. Dimana saat ini penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sudah turun dari level III menjadi level II. Sehingga kegiatan dan aktifitas seni sudah dapat bergulir dengan penerapan protokol kesehatan. 

"Kita masih berjuang terbebas dari pandemi COVID-19 dengan penurunan level di Kota Jambi, maka jangan menunggu lama, kita harus bangkit berkarya. Momen ini menjadi penting, terlepas dari itu jangka panjang kehangatan antar generasi adalah kunci utama," kata Hendry Nursal. 

Instruksi Wali Kota Jambi, Nomor: 23/INS/X/HKU/2021 mengatur bahwa Pelaksanaan kegiatan seni, budaya dan sosial kemasyarakatan (lokasi seni, budaya dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan) diizinkan beroperasi 50 persen dengan menggunakan aplikasi peduli lindungi dan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat atau menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama.

Hal tersebut menjadi ruang bagi penggiat seni di Kota Jambi, sehingga PTI Korda Provinsi Jambi melanjutkan rangkaian silaturahmi dan menjalin sinergi. 

Sebelumnya kegiatan kesenian dilaksanakan secara hibrid, yakni dilakukan secara tatap muka dan virtual. Meski berada di masa pandemi COVID-19 kegiatan berkesenian harus tetap dilaksanakan mengingat seni dan budaya merupakan jati diri dari suatu daerah yang harus terus di kembangkan. 

Selain pandemi COVID-19 dapat menjadi inspirasi dalam melaksanakan kegiatan berkesenian.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021