Museum Siginjei Jambi menggelar pameran alat angkut dan transportasi tradisional daerah Jambi dalam rangka memperingati hari museum Indonesia yang berlangsung sejak 12 Oktober sampai 16 Oktober 2021.

Kepala Museum Siginjei Jambi, Nurlaini, Selasa (12/10) momen peringatan hari museum Indonesia pada 12 Oktober 2021  menjadi momen bagi museum Siginjei Jambi untuk memamerkan koleksi alat angkut dan transportasi tradisional daerah Jambi kepada masyarakat luas.

"Kita ingin memperlihatkan bagaimana kreatifitas manusia zaman dahulu dalam menghadapi  tantangan hidup dalam  menciptakan alat bantu angkut maupun transportasi tradisional  baik dengan tenaga manusia maupun tenaga hewan," kata Leni.

Menurut dia untuk lebih memberikan pemahaman mengenai kehidupan masyarakat daerah Jambi zaman dahulu  pameran ini juga ditujukan agar  dapat memotivasi generasi muda saat ini untuk melestarikan berbagai kreatifitas  manusia zaman dahulu yang sampai saat ini di beberapa daerah di Provinsi Jambi masih menggunakannya.

"Di sekolah hanya sekedar teori, tapi disini anak-anak bisa melihat koleksi secara langsung. Selain melestarikan beragam koleksi  alat angkut dan transportasi tradisional Jambi ini bisa menjadi  bahan penelitian bagi kalangan mahasiswa,"tegasnya.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Provinsi Jambi, Erwin Efendi mengatakan perjalanan penggunaan alat angkut dan transportasi tradisional daerah Jambi perlu diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat Jambi saat ini agar masyarakat lebih mencintai dan mengenal alat-alat angkut yang masih digunakan hingga saat ini.

"Target kita untuk pameran ini semua masyarakat khususnnya kalangan pelajar dan mahasiswa,"tutupnya.


 

Pewarta: Tuyani

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021