Gubernur Jambi Al Haris menyatakan pembangunan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim)  diarahkan pada penguatan SDM untuk meningkatkan  kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat daerah itu.

"Kabupaten Tanjabtim memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang luar biasa, mulai dari minyak bumi, gas alam dan Taman Nasional Berbak. Dengan demikian konsep pembangunan harus diarahkan pada penguatan SDM," kata Al Haris di Jambi, Jum'at. 

Menurut Al Haris penguatan SDM harus menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan. Sebab SDM yang kuat akan mempengaruhi kemajuan suatu daerah dalam peningkatan ekonomi masyarakat. 

Peningkatan sumber daya manusia menjadi harapan Gubernur Jambi, khususnya Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk terus mencetak generasi unggul yang mampu bersaing serta inovatif. Dimana di kawasan ekonomi baru Sentusa Pemerintah Provinsi Jambi akan membangun Kampus Pelayaran dan Perikanan.

Dalam proses pembangunan perguruan tinggi tersebut saat ini tengah dilakukan uji kelayakan dari Pemerintah Pusat. Dilakukan penelitian terhadap lokasi yang strategis untuk membangun perguruan tinggi tersebut dari tiga daerah kawasan ekonomi baru.

"Membangun daerah demi kesejahteraan masyarakat merupakan bagian dari proses yang harus dijalani secara berkesinambungan baik dalam tatanan penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan demi terciptanya kemajuan di segala bidang kehidupan," kata Al Haris. 

Lebih lanjut Al Haris menjelaskan dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan sungguh tidak mudah tanpa dukungan dan sinergitas pembangunan dari Pemerintah Kabupaten dan Kota lingkup Provinsi Jambi. Berkenan dengan hal tersebut Gubernur meminta dukungan kepada semua pihak untuk dapat menjadikan Provinsi Jambi provinsi yang memiliki daya saing baik di Pulau Sumatera maupun secara nasional dengan mengoptimalkan potensi sumber daya yang ada. 

Pembangunan yang diharapkan Al Haris yakni pembangunan yang mengedepankan prinsip berkelanjutan. Dimana jika melihat geografis wilayah Kabupaten Tanjabtim yang dipersiapkan sebagai outlet ekonomi Provinsi Jambi dengan mengandalkan pelabuhan dan kawasan ekonomi ujung jabung. 

Salah satu program prioritas Pemerintah Provinsi Jambi yakni pengembangan kawasan ekonomi baru untuk jangka menengah dan panjang. Yakni akan dikembangkan kawasan ekonomi baru Sengeti-Tungkal-Sabak (Sentusa) yang di targetkan dapat memicu pertumbuhan ekonomi daerah. 

"Hal ini kita dasarkan dengan potensi daerah, termasuk letak geografis yang juga kita dorong supaya nantinya terintegrasi dengan Kawasan Industri Kemingking serta Pelabuhan dan Kawasan Ekonomi Ujung Jabung. Harapan kita tentunya lompatan kemajuan perekonomian dan kemajuan wilayah." kata Al Haris menjelaskan. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2021